15 Orang Anggota Panwascam Kota Banjarmasin Dilantik, Bersiap Seleksi PKD

0

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, lantik 15 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, November mendatang.

15 anggota Panwascam ini dilantik dan diambil sumpah jabatannya, langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, M Fachrizanoor, di Hotel G’Sign, Jumat (24/5/2024).

Fachrizanoor menyebut, dari 15 orang itu, 7 orang adalah petahana, dan 8 orang sisanya merupakan wajah baru.

Metode penerimaan anggota Panwascam untuk Pilkada 2024 ini pihaknya menggunakan dua cara. “Yakni existing atau seleksi terhadap para petahana. Ternyata hanya beberapa yang lolos,” ucapnya selepas melantik anggota Panwascam, Jumat (24/5/2024).

BACA: Menyisakan 7 Petahana, Bawaslu Banjarmasin Buka Perekrutan Panwascam

“Oleh karena kita lakukan perekrutan ulang, untuk mencari 8 anggota baru. Sehingga hari ini pas 15 orang yang dilantik, untuk 5 kecamatan,” sambungnya.

Masa kerja para anggota Panwascam ini pun dikatakannya, dimulai sejak dilantik hingga 10 bulan ke depan. “Jadi dia berakhir 2 bulan setelah masa perhitungan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu anggota Panwascam yang baru dilantik, Nurdin Ardalepa menerangkan, setelah pelantikan ini masing-masing Panwas Kecamatan melakukan persiapan pemilihan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD).

Proses pemilihan ini akan berjalan pada Senin mendatang. Sehingga diperkirakan 52 orang anggota PKD, menyesuaikan jumlah kelurahan di Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.