Gandeng TP PKK Kalsel, Dinkes Kotabaru Gelar Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi

0

TIM Penggerak PKK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kotabaru gelar penilaian lomba posyandu tingkat provinsi dan lomba kader berprestasi di Posyandu Melati, Desa Batuah Kotabaru, Rabu (8/5/2024).

SEKRETARIS Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengatakan peran pokjanal posyandu sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan bebagai kegiatan kesehatan masyarakat.

“Salah satunya adalah melalui lomba posyandu kader berprestasi dan desa PHBS. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan para kader postandu diseluruh wilayah kerja Kotabaru,” ucap sekda.

BACA : Kotabaru Kembali Raih Opini WTP Ke- 9 Dari BPK RI

Lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh 22 kecamatan yang ada Kotabaru. Penilaian melalui beberapa tahapan, yaitu administrasi, presentasi 22 kecamatan melalui zoom meeting dan verifikasi lapangan untuk 6 besar kecamatan yang terpilih.

“Dari kegiatan ini juga berharap posyandu dapat berinovasi untuk mampu menarik minat masyarakat dalam pemanfaatan fasilitas kesehatan khususnya posyandu yang dimiliki Kotabaru sebanyak 294 posyandu yang tersebar 202 desa,” harap sekda.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalsel, Nurul Adhani mengatakan, posyandu mempunyai peran sebagai ujung tombak penggerakan pelayanan kesehatan masyarakat dan melalui posyandu dapat mengatasi permasalahan kesehatan di desa.

BACA JUGA :  Dikunjungi 4 Kepala Kanwil, Bupati Sayed Jafar Promosikan Wisata Kotabaru

“Lomba ini sangat bagus digelar untuk meningkatkan pengetahuan para kader posyandu secara terpadu serta mengevaluasi pelaksanaan perkembangan posyandu,” ucapnya.

Selain Sekretaris Daerah Kotabaru, kegiatan ini turut dihadiri SKPD yang tergabung dalam tim pokjanal posyandu Kotabaru, Anggota DPRD, perwakilan CSR, Kepala bidang kesehatan masyarakat Dinkes Kalsel,Tim Penggerak PKK Kalsel, Tim Pokjanal Posyandu Kalsel dan Tim Pokjanal Posyandu Kecamatan Pulau Laut Sigam dan Desa Batuah.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.