Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut, Bupati Tanbu Terima Penyerahan LHP di BPK RI

0

BUPATI HM Zairullah Azhar menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK RI Perwakilan Kalsel Tahun 2023.

PENYERAHAN Laporan Hasil Pemerikasaan (LHP) dihadiri kepala daerah dan ketua DPRD dari 13 Kabupeten/kota se- Kalimantan Selatan (Kalsel), di kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) Banjarbaru, Selasa (7/5/2024).

Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel Rahmadi mengapresiasi seluruh kepala daerah dan ketua DPRD yang telah berhadir untuk menerima LHP Tahun 2023 ini.

BACA JUGA: TMMD ke-120 Tahun 2024 Secara Resmi Dibuka Wabup Tanbu

Menurutnya, pemeriksaan oleh BPK bertujuan memberikan pemilaian terhadap pelaporan keuangan pemerintah daerah.

‘Dengan kreteria. seperti kesesuaian pelaporan keuangan, kecukupan bukti laporan keuangan, dan Kepatuhan terhadap perundang-undangan berlaku,’ ujarnya.

Melalui Opini WTP. Ia berharap pemerintah daerah terus bekerja keras dalam melaksanakan pengelolaan dan pelaporan keuangan secara akuntabel, bersih dan efektif.

BACA JUGA: Aplikasi Dashboard Diluncurkan Bapenda Tanbu

Bupati HM Zairullah Azhar mengucapkan, terimakasih dan apresiasi mendalam ke BPK Perwakilan Kalsel.

‘Atas telah selesainya pemeriksaan dan penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2023, saya menyampaikan penghargaan tinggi ke BPK RI, sebab sangat membantu mendorong kami, dalam rangka pemeriksaan keuangan pemda,’ tuturnya.

Terutama, sambungnya, merealisasikan pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance dan Clean Goverment) pada sistem pengadministrasian keuangan dan aset daerah.

BACA JUGA: Aplikasi Dashboard Diluncurkan Bapenda Tanbu

‘Kami Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berkomitmen segera menyelesaikan tindaklanjut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), bentuk kepatuhan Pemerintah Daerah terhadap peraturan Perundang-Undang, juga meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah,” bebernya.

Untuk itu, Ia pun mengaku bersyukur atas keberhasilan semua Kabupaten/Kota di Kalsel dapat meraih opini WT.

‘Khusus Kabupaten Tanbu, meraih opini WTP 11 tahun berturut-turut, dan patut kita banggakan, tentu tak lepas dari sinergitas eksekutif dan legislative,’ tandasnya.

BACA JUGA: TMMD ke-120 Tahun 2024 Secara Resmi Dibuka Wabup Tanbu

Zairullah optimis dapat selalu meraih opini WTP untuk tahun-tahun selanjutnya. ‘Upaya meraih opini WTP untuk menjawab kepercayaan yang telah diamanahkan mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK), sebagai salah satu agenda reformasi,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.