Dinas Sosial Tanbu Gelar Bimtek SIKS-NG

0

DINAS Sosial Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) SIKS-NG. SIKS-NG yakni Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

KADIS Sosial Tanbu, Liana Hamita menyebutkan, Bimtek ditujukan bagi operator SIKS-NG Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). “Pelaksanaannya mulai 2-14 Mei 2024,” ucap Liana Hamita, Rabu (8/5/2024) di Batulicin.

BACA JUGA: TMMD ke-120 Tahun 2024 Secara Resmi Dibuka Wabup Tanbu

Menurutnya, hampir setiap desa/kelurahan di Bumi Bersujud Tanah Bumbu sudah memiliki operator SIKS-NG. ‘Operator yang mendapat mandat Kementerian Sosial ini bertugas menginput dan memperbarui data kemiskinan yang ada di desa dan kelurahan masing-masing,’ paparnya.

Bimtek ini, sambung Liana, digelar dalam rangka peningkatan kapasitas operator SIKS-NG di kecamatan.

BACA JUGA: Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut, Bupati Tanbu Terima Penyerahan LHP di BPK RI

Bimtek juga dalam menindaklanjuti beberapa perubahan terkait program kesejahteraan sosial tersebut. “Adapun tujuan dari penyelenggaraan bimbingan teknis, di antaranya adalah untuk meningkatkan kompetensi operator Desa/Kelurahan dalam pengisi data SIKS-NG,” ujarnya.

Peserta kegiatan terdiri Pendamping PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Kasi Pemmas Kecamatan. Kemudian Operator SIKS NG Desa/Kelurahan sebanyak 157 orang dan Perwakilan Desa/ Kelurahan 157 orang.

BACA JUGA: Aplikasi Dashboard Diluncurkan Bapenda Tanbu

Kini 2-8 Mei 2024, Bimtek sudah terlaksana pada 10 Kecamatan. Kemudian di Kecamatan Kusan Hilir pada 13 Mei 2024, dan Kecamatan Kusan Tengah 14 Mei 2024. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.