Peringatan Otonomi Daerah Tabalong, Tranformasi Produk Unggulan Dapat Lebih Progresif

0

SEMANGAT otonomi daerah akan memperkokoh komitmen dalam membangun dan mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

DALAM peringatan Hari Otonomi Daerah 2024, semangat tersebut selalu diulang-ulang. Tak terkecuali oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah saat memimpin apel peringatan di Pendopo Bersinar, Senin (6/5/2024).

“Otonomi Daerah tentu membawa tujuan yang tidak terpisah satu sama lain, namun pencapaiannya satu tujuan. Maka secara tidak langsung akan mempengaruhi percepatan pencapaian tujuan lainnya,” sebutnya.

Hamida mengisyaratkan agar perjalanan kebijakan otonomi daerah mampu melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat.

BACA: Tari Kolosal Manjulang Harakat Meriahkan Puncak Peringatan Harjad Ke-58 Kabupaten Tabalong

Salah satunya dalam mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan, yang juga harus menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Dalam konteks ekonomi hijau, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi pemerintah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan,” ujarnya.

Tranformasi produk unggulan harusnya dapat lebih progresif. Dapat dikatakan yang semula berbasis produk yang tidak dapat diperbaharui, dapat menjadi produk dan jasa yang diperbaharui, dengan tetap memperhatikan potensi daerah yang lain, seperti sektor pertanian hingga pariwisata.

“Penyelengaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.