Gubernur dan Ketua TP PKK Kalsel Buka Pasar Murah Dan Bagikan Ikan Gratis Ke Masyarakat

0

DIDAMPINGI Ketua TP PKK Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor membuka Pasar Murah Ramadhan 1445 Hijriah, lingkup pertanian di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Senin (1/4/2024).

PASAR Murah Ramadhan ini dilaksanakan dalam rangka menekan melonjaknya harga bahan pokok, jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Pasar ini menyediakan sembako, mulai dari gula, minyak goreng, cabai, beras, telur, ikan segar, produk olahan ikan, daging sapi, daging ayam dan lainnya.

Usai membuka pasar murah, Gubernur dan Ketua TP PKK Kalsel juga terlihat membagikan ikan patin dan ikan peda secara gratis, kepada masyarakat.

BACA: Buka Pasar Murah Ramadhan, Paman Birin: Efektif Bantu Masyarakat Jelang Lebaran

Masyarakat pun rela mengantre dan berdesak-desakan untuk mendapatkan ikan yang diberikan langsung pasangan pemimpin Kalsel ini.

Gubernur Sahbirin mengatakan, Pasar Murah Ramadhan ini bertujuan untuk bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang murah dan terjangkau, sekaligus meringankan beban masyarakat di tengah kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, yang biasanya terjadi di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, telah melakukan berbagai upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok dan menurunkan harga, khususnya melalui pelaksanaan pasar murah di berbagai tempat dan wilayah.

“Hari ini, kita hadir kembali ke tengah masyarakat, untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok yang murah. Saya minta, semua kita menumbuhkan kesadaran, agar orang-orang dan keluarga yang berpenghasilan rendah, lebih diutamakan untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok yang tersedia di pasar murah ramadan ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, gubernur meminta kepada jajaranya untuk memperluas Pasar Murah Ramadhan hingga ke kampung-kampung. “Saya minta pasar Ramadhan ini bisa dilaksanakan hingga ke kampung-kampung,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dislutkan Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan, sesuai arahan Gubernur dan Ketua TP PKK Kalsel, pada Ramadhan ini hendaknya banyak berbagi melalui pasar murah.

Menurutnya, pasar murah ini dilaksanakan secara bergantian dan tahun ini pelaksananya adalah Dinas Kelautan dan Perikanan. “Jadi hari ini Dislutkan berbagi 100 paket sembako untuk petugas kebersihan di lingkup Kota Banjarbaru, serta menjual ikan patin yang harga normal Rp 28.000 – Rp 30.000 per kilogram, Hari ini kita jual Rp 15.000 per kilogram, dengan jumlah 500 ton,” ujar Rusdi.

BACA JUGA: TP-PKK Barito Kuala Buka Pasar Murah Ramadhan Di Tamban Dan Mekarsari

Nur Wasilah (44 tahun) warga Astambul mengaku sangat terbantu karena harga di Pasar Murah Ramadhan ini cukup terjangkau jika dibandingkan di pasar. AAlhamdulillah sangat terbantu harganya juga lebih terjangkau. Seperti harga patin, di sini cuma Rp 15 ribu, sedangkan di pasaran bisa Rp 30 ribu,” katanya.

Dirinya mengatakan, mengetahui kabar Pasar Ramadhan ini dari info yang disiarkan Radio Masjid Al-Karomah Martapura.

Pada kegiatan ini, Dinas Perkebunan dan Peternakan membagikan 100 sembako dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan membagikan 80 paket sembako kepada para penerima.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.