Infrastruktur Pembangunan Jadi Prioritas Usulan Warga Kecamatan Lahei

0

MELAKSANAKAN Musrenbang RKPD Tahun 2025, beberapa usulan prioritas di Kecamatan Lahei dimasukkan dalam daftar usulan prioritas, Selasa (27/2/2024).

MUSYAWARAH Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RPD) Tahun 2025 tersebut, dilaksanakan di gedung serbaguna Lambang Batuah kecamatan Lahei. Dengan rumusan usulan pembangunan dan perbaikan gedung, perumahan, tempat ibadah, dan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan.

Selain itu, masyarakat juga meminta perbaikan bidang telekomunikasi dan informasi, peningkatan tenaga dan fasilitas pendidikan dan kesehatan, pertanian, perikanan, fasilitas dan tenaga untuk penanggulangan bencana serta prioritas lainnya.

Asisten II Sekda Barito Utara, Gazali Montallatua mengatakan, dokumen RKPD yang disusun nantinya bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

BACA: Kecamatan Teweh Timur Sampaikan Kegiatan Prioritas Tahun 2025 pada Musrenbang RKPD

Menurutnya, pentingnya musrenbang ini, diharapkan menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di kecamatan dan seluruh peserta untuk bisa menetapkan program dan kegiatan prioritas guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran 2025 yang akan datang.

Gazali juga menyampaikan tiga hal penting. Pertama, hal terkait penanganan kesehatan pada anak, terutama program penurunan stunting.

Kedua, tentang menghadapi dan situasi inflasi yang berdampak pada kenaikan harga bahan pokok. “Kami imbau kepada para camat, kepala desa dan tim penggerak PKK kecamatan dan desa untuk mensosialisasikan inovasi dan upaya untuk memanfaatkan lahan pekarangan di rumah dan kantor, untuk menanam tanaman yang diperlukan sebagai bahan pokok untuk membantu menekan lajunya inflasi,” ucapnya.

Kemudian yang ketiga, diharapkan para Kades dan BPD agar mendorong Bumdes yang ada agar memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga dari desa mampu menghasilkan produk unggulan dengan memanfaatkan potensi di desa masing-masing.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.