TP PKK Tanbu Dorong Kader Pangan Tingkatkan Pelayanan di Posyandu

0

150 KADER Pangan dari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah mengikuti sesi sosialisasi tentang pelayanan di Posyandu.

DINAS Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanbu menggelar kegiatan tersebut di Kantor Bupati Tanbu, Selasa (20/2/2024).

BACA JUGA: Mall Pelayanan Publik Generasi Ketiga Segera Dibangun di Tanbu

Sesi sosialisasi ini resmi dibuka Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Putu Wisnu Wardana, mewakili Bupati Abah Zairullah Azhar.

Putu Wisnu Wardana menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya sosialisasi mengenai peran kader pangan dalam pelayanan di Posyandu.

BACA JUGA: Disnakertrans Tanbu Upayakan Tekan Pengangguran

“Dalam konteks ini, sosialisasi memiliki peran penting sebagai penegasan terhadap tugas dan fungsi Kader Pangan di Posyandu,”  ujar Wisnu.

Ketua TP PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti, memastikan, Posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

BACA JUGA: DP3AP2KB Tanbu Dorong Lingkungan Aman dan Ramah Bagi Anak

Menurutnya, Posyandu diharapkan dapat memberdayakan para ibu untuk lebih memperhatikan kesehatan anak-anak dan pola konsumsi keluarga.

“Pemanfaatan pekarangan rumah untuk bahan pangan yang bervariasi, bergizi, sehat, dan seimbang diharapkan dapat meningkatkan kualitas generasi bangsa, khususnya kesehatan bayi dan balita,” tuturnya.

BACA JUGA: Mall Pelayanan Publik Generasi Ketiga Segera Dibangun di Tanbu

Windarti menekankan pentingnya para kader untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam tanaman yang bergizi.

Kepala DKPP Tanbu, Rahbiyah, melaporkan, sosialisasi ini diikuti 150 Kader Pangan Posyandu dengan tema “Penguatan Ketahanan Pangan Masyarakat melalui Pemberdayaan Kader Pangan”.

BACA JUGA: Dispersip Tanbu Gelar Lomba Baca Puisi

“Tujuan sosialisasi memperkuat pemahaman tugas kader pangan di Posyandu,” jelasnya.

Posyandu memiliki tujuh kegiatan sesuai dengan Permendagri No 19 Tahun 2011, antara lain: Pendaftaran, Penimbangan, Pencatatan atau Pengisian KMS, Penyuluhan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Percepatan Penganekaragaman Pangan, dan Peningkatan Perekonomian Keluarga.

BACA JUGA: DP3AP2KB Tanbu Dorong Lingkungan Aman dan Ramah Bagi Anak

Sosialisasi dihadiri 12 Mantri Tani, Kepala Balai Penyuluh Pertanian se-Tanbu, perwakilan SKPD terkait Pemkab Tanbu, serta Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.