Kejar Target Hingga 2 Maret, PPK Masih Selenggarakan Rekapitulasi Penghitungan Suara

0

REKAPITULASI suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan terus berlangsung. Hingga kini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang melakukan proses penghitungan, di masing-masing wilayah kerjanya.

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Rusnailah menyebut, progres perhitungan di 5 kecamatan bervariasi. Hal ini disebabkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing kelurahan juga berbeda-beda.

“Ada kelurahan yang TPS nya sampai 65, ada juga yang hanya 27. Otomatis kecepatannya berbeda, tergantung jumlah TPS-nya,” ungkap Rusnailah.

BACA: Hari Ke 3 Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan, 3 Kelurahan di Banjarmasin Tengah Sudah Final

Hingga saat ini, data yang tercatat masuk ke KPU Kota Banjarmasin, di Kecamatan Banjarmasin Tengah telah ada 3 kelurahan yang selesai. “Kemudian kemarin, untuk Kecamatan Banjarmasin Barat baru 1 kelurahan yang selesai. Namun ada 3 yang on progres,” katanya.

“Sama halnya dengan Kecamatan Banjarmasin Timur, yang baru selesai 1 kelurahan, namun 3 kelurahan dalam proses. Lalu untuk di Kecamatan Banjarmasin Utara, 5 kelurahan yang kemungkinan sudah selesai. Sedangkan di Banjarmasin Selatan, sudah ada 2 kelurahan yang selesai,” sambungnya.

BACA JUGA: Tahap Rekapitulasi Berlangsung Sampai 2 Maret

Untuk targetnya sendiri, rekapitulasi perhitungan suara ini, ditegaskan Rusnailah, harus selesai sebelum tanggal 2 Maret mendatang. “Karena 3 Maret itu, PPK harus sudah mengumumkan hasilnya kepada masyarakat. Dan KPU Kota Banjarmasin, bisa menindak lanjuti dengan pleno di tingkat kota,” ucapnya.

Rusnailah optimis, target itu bisa tercapai. Karena dirinya melihat para petugas PPK saat ini telah semakin mahir dalam melakukan pekerjaannya. “Beda dengan hari pertama atau kedua, yang masih mungkin masih belum lancar. Jadi lumayan cepat sudah,” tuturnya.

“Yang pasti itu masih berproses. Tentu akan terus bertambah kelurahan yang selesai. Jika semua saksi sepakat, maka lebih cepat. Jika ada interupsi, maka akan lebih lambat selesainya,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.