Gerakan Satu Rumah Satu Pohon, Upaya Memperluas RTH Di Banjarmasin

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, membagikan puluhan ribu bibit pohon, dalam program Satu Rumah Satu Pohon, Jumat (1/12/2023).

PEMBAGIAN bibit pohon dilakukan langsung di Komp A Yani, Jalan Gatot Subroto, Banjarmasin. Dipimpin langsung oleh Kepala DLH Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love, sebanyak 26.050 bibit yang dibagikan ke setiap kecamatan di Banjarmasin. “Ini untuk menambah kekurangan kita dalam ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) di Banjarmasin,” ucapnya.

BACA: Baru Bisa Penuhi 4% RTH di Banjarmasin, Berbiaya Miliaran DLH Jor-Joran Bangun Taman

Dijelaskannya, Banjarmasin sendiri ditarget 30 persen untuk RTH, baik itu publik maupun privat. Saat ini baru tercapai 4,7 persen. “Maka dari situ, Gerakan Satu Rumah Satu Pohon ini ada. Dengan harapan bisa menambah sekitar 2,6 hektare ruang terbuka baru,” tuturnya.

Dari seluruh bibit pohon yang dibagikan itu, Alive mengungkapkan 80 persennya adalah tanaman buah-buahan. Seperti mangga, jambu, sirsak dan lainnya. “Mengingat ini akan ditanam, di sekitar area rumah. Sehingga hasilnya bisa ditunggu. Dan sisa 20 persen lainnya adalah tanaman penghijauan biasa,” tutupnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.