Gelar Rapat Koordinasi Integrasi Pelayanan Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Tanbu

0

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten (Disdukcapil)  Tanbu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Integrasi Pelayanan Dokumen Kependudukan.

KEGIATAN melibatkan Kordinator Bidan Desa di Kantor Disdukcapil Tanbu pada Senin, (15/1/2024).

BACA JUGA: Ambo Sakka: Prestasi Tanbu Luar Biasa

Kepala Disdukcapil Tanbu Gento Hariyadi, mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap ketidaksesuaian data catatan administrasi kependudukan yang dikeluarkan Disdukcapil dengan jumlah kelahiran di lapangan.

 “Selisihnya ribuan, ketika Tanah Bumbu hendak membuat Tanah Bumbu dalam angka seperti laju pertumbuhan, maka data yang kita punya tidak valid,” ucapnya.

BACA JUGA: Timbang Pedagang Ditera Ulang di Tanbu

Upaya memperbaiki situasi ini, peserta rapat dibekali In House Training (IHT) untuk memperbarui aplikasi Detak Detik dan pelayanan WA Bidan menjadi Aplikasi Petir.

Gento menekankan pentingnya peran bidan desa dalam melaporkan kelahiran dan menyampaikan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, KK, dan KIA.

BACA JUGA: DPRD dan Pemkab Tanbu Ikuti Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

“Bidan desa selain menangani kelahiran, juga diharapkan turut andil melaporkan kelahirannya dengan dokumen kependudukan untuk mendukung optimalisasi pelayanan pendaftaran penduduk,” ujarnya.

Melibatkan bidan desa yang merupakan garda terdepan, Disdukcapil Tanbu berharap dapat meningkatkan akurasi dan validitas data kependudukan, menjadikan Tanah Bumbu lebih teratur dalam administrasi kependudukan.

BACA JUGA: Partisipasi Pemkab Tanbu di Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024

Sekitar 40 peserta bidan desa dari berbagai kecamatan, Kecamatan Kuranji, Kecamatan Teluk Kepayang, Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Kusan Tengah. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.