Lapak Pedagang Pasar Minggu Pagi Digeser Dijadikan Area Parkir Pengunjung

0

PENATAAN lapak para pedagang Pasar Minggu Pagi di kawasan Jalan Pasar Baru dan Jalan Brigjen Katasmo, Banjarmasin, akhirnya berjalan lancar.

PROSES penataan para pedagang Pasar Tungging Minggu Pagi ini dilakoni tim gabungan yang berjaga sejak Minggu (21/1/2024) dini hari, usai sebelumnya sempat gagal.

Tim gabungan yang diterjunkan terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin), Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol-PP Kota Banjarmasin, hingga personel Kodim/1007 Banjarmasin serta pihak Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Kelurahan Kertak Baru Ulu.

Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar menyebut penataan yang dilakukan tim gabungan untuk lapak dagangan dari para pedagang berjalan dengan lancar dan cukup kondusif.

“Sesuai dengan harapan dan kesepakatan antara tim gabungan dengan para pedagang serta pengelola lapak,” ucap Ichrom Muftezar kepada awak media, saat memantau proses penataan Pasar Minggu Pagi, Minggu (21/1/2023).

BACA : Gagal Tertibkan Pedagang Pasar Minggu Pagi, Disperdagin Tawarkan Pola Pergeseran Lapak Dagangan

Menurut Ichrom Muftezar, penataan yang dijalankan berupa menggeser arah masuk para pedagang yang berjualan di sekitaran Jalan Pasar Baru dan Jalan Brigjen Katamso.

“Dengan adanya penataan ini, ada ruas jalan yang tersisa di dua lokasi tersebut. Jadi, ruang yang tersisa bisa dimanfaatkan sebagai area parkir para pengunjung Pasar Minggu Pagi,” ucap Tezar, sapaan akrab pejabat muda Balai Kota ini.

Dengan adanya penataan ini, Tezar mengingatkan agar para pedagang serta pengunjung, terkhusus pengelola parkir tidak lagi menjadikan ruas Jalan Lambung Mangkurat sebagai area parkir.

BACA JUGA : Dishub Banjarmasin Siapkan 3 Kantong Parkir bagi Pengunjung Pasar Tungging Minggu Pagi

“Sebab, ruas Jalan Lambung Mangkurat merupakan kawasan tertib lalu lintas. Sekarang, tinggal beberapa titik yang bisa disiapkan menjadi kantong parkir,” kata Tezar.

Kantong parkir yang dimaksud Tezar dalah akses masuk ke kawasan Jalan Pasar baru di sebelah Gedung BNI 46, dan area Jalan Brigjen Katamso hingga Gapura Selamat Datang.

“Kemudian di area parkir belakang Toko Belanga, lalu area parkir depan Masjid Noor, dan Jalan turunan belok kiri Jembatan Mitra Plaza (Jembatan Antasari) di area Pasar Harum Manis,” beber Tezar.

BACA JUGA : Makan Badan Jalan Hingga Mengganggu Lalu Lintas, Parkiran Pasar Pagi Akan Ditertibkan

Dia mengucapkan terima kasih kepada para pedagang dan pengelola lapak Pasar Minggu Pagi yang mau bekerjasama dalam penataan kembali pasar yang buka tiap Minggu pagi tersebut.

“Insya Allah, kami akan kembali mengumpulkan para pengelola lapak Pasar Minggu Pagi. Kemungkinan Senin (22/1/2024) besok akan diberikan hasil evaluasi dari proses penataan yang ada. Namun, sejauh ini sudah bagus,” imbuh Tezar.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.