Bacakan Tahlil, Jutaan Warga Dari Berbagai Daerah Ikuti Haul Guru Sekumpul

0

DIAWALI dengan pembacaan Maulid Al Habsyi, Tahlil dan Doa Haul, jutaan masyarakat dari berbagai kalangan tumpah ruah memadati kawasan Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar.

JAMAAH yang menghadiri Haul ke-19 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul itu, larut dalam kerinduan dan cinta kepada aulia Allah SWT, yang puncaknya pada Minggu (14/1/2024) malam.

Kepadatan di kawasan Sekumpul terjadi sejak sore, hampir semua akses menuju Mushalla Ar Raudah tidak bisa dilalui, walaupun dengan berjalan kaki. Sehingga para jamaah menyaksikan proses haul melalui layar yang disediakan panitia di berbagai tempat.

Jamaah memadati kawasan simpang empat Sekumpul, hingga pembacaan tahlil dan doa haul selesai, Minggu (14/1/2024) malam.

Sementara kepadatan di jalan raya terjadi sejak pukul 13.00 WITA, dari jalur Banjarmasin tepatnya di KM 6,5 Jalan A Yani hingga menuju Martapura. Rekayasa jalan harus dilakukan oleh petugas yang sudah berjaga hampir semua jalur.

Adam, warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah mengaku sampai Sekumpul sekitar pukul 17.00 WITA. Perjalanan dari Palangkaraya menuju Banjarmasin cenderung lancar, namun dari Banjarmasin menuju Martapura lamban karena jalan padat.

BACA: Haul Abah Guru Sekumpul Memupuk Kebersamaan dan Pengalaman Spiritualitas  

“Saya berangkat dari Palangkaraya sekitar jam 07.00, tiba di kawasan Sekumpul sekitar jam 17.00 katanya,” katanya.

Banyak hal yang menarik selama di perjalanan, seperti banyaknya rest area yang disediakan warga secara swadaya, bahkan mereka menyediakan makan, tempat beristirahat, hingga menyajikan kopi.

“Saya hanya mengeluarkan uang untuk bahan bakar saja, hampir di semua rest area semuanya disediakan dari sekitaran KM 7, Jalan A Yani,” imbuhnya.

BACA JUGA: Sukses Dilaksanakan, Haul Guru Sekumpul Menumbuhkan Rasa Persatuan dan Gotong Royong

Untuk memperlancar lalu lintas dan kenyamanan, Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat mengatakan, jamaah saat ini berangsur-angsur kembali ke kendaraan mereka masing-masing, pihaknya terus melakukan pengaturan lalu lintas jalur kembali normal.

Terkait kendaraan kami datakan jumlah bus yang kami data di 150 titik berjumlah 601 unit, roda 4 dari 196 titik sebanyak 151.119 unit, untuk motor ada 1..000.294 unit dan kapal kelotok ada 533 unit, sementara jumlah jemaah yang hadir kurang lebih 3.000.320 orang.

“Kami mendapatkan data tersebut dari provider seluler yang menggunakan HP saat acara berlangsung,” tutupnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2024/01/15/bacakan-tahlil-jutaan-warga-dari-berbagai-daerah-ikuti-haul-guru-sekumpul/
Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.