Bangun Gedung Uji Baru Rp 3,3 Miliar, Dishub Banjarmasin Kembali Usulkan Adakan Alat Uji KIR Rp 3 Miliar

0

PEMBANGUNAN fisik gedung uji tahap I sesuai target rampung pada Desember 2023 lalu. Berikutnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin segera mengalokasikan anggaran untuk peralatan uji KIR.

GEDUNG baru pengujian kendaraan bermotor (PKB) di Jalan Gubernur Soebardjo, Lingkar Selatan Basirih, Banjarmasin dibangun dengan biaya Rp 3,3 miliar miliar bersumber dari APBD tahun 2023 dari pagu anggaran Rp 3.663.360.000 atau Rp 3,6 miliar lebih.

Proyek gedung uji tahap I ini digarap kontraktor pelaksana pemenang tender; CV Kalingga Jaya Shima asal Lampung dengan nilai kontrak Rp 3.398.475.950, usai dilelang pada 3 Mei 2024.

“Gedung baru nantinya direncanakan akan difokuskan untuk pengujian kendaraan berat. Kami coba pisahkan dengan kendaraan bermotor lainnya,” ucap Kepapa UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Banjarmasin, Untung Teguh kepada jejakrekam.com, Senin (8/1/2023).

BACA : UU Nomor 1 Tahun 2022 Berlaku 1 Januari 2024, Tarif Retribusi Uji KIR Kendaraan Bermotor Ditiadakan

Menurut dia, operasional dari gedung baru ini masih belum bisa dilakukan, karena belum adanya alat untuk pengujian kendaraan bermotor.

“Alatnya kami anggarkan tahun ini, pertengahan tahun atau pada triwulan II. Anggarannya sendiri Rp 3 miliar. Sekaligus juga pembuatan dan pemadatan jalan, karena saat ini jalur untuk gedung baru belum ada,” kata Untung.

BACA JUGA : Berlakukan Zero ODOL 2023, Terapkan Uji KIR, Dishub Gandeng Satlantas Polresta Banjarmasin

Menurut dia, pihaknya menargetkan pada anggaran perubahan APBD 2024 nanti, gedung tersebut akan sudah bisa beroperasinal.”Jadi, nantinya operasional pengujian berada di dua gedung,” ujarnya.

Dengan beroperasinya dua gedung tersebut, Untung menyebut jumlah pengujian kendaraan bermotor bisa semakin meningkat.

“Kalau untuk satu gedung jumlah amannya 50 buah per hari. Dengan adanya dua gedung nanti bisa lebih banyak,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.