Tempati Lokasi Baru, PKL Eks Bank Panin Minta Cor Semen Di Area Belakang Lapak

0

TAMAN, dan ruang terbuka hijau (RTH) tak lepas dari pedagang kaki lima (PKL), sebab tanpa mereka upaya menghidupkan tempat tersebut akan sulit terwujud.

BEGITU pula dengan Taman Kamboja di Jalan Anang Adenansi Banjarmasin. Dari pantauan jejakrekam.com pada Sabtu (6/1/2024) sekitar pukul 17,30 WITA, 15 pedagang kaki lima (PKL) eks depan Bank Panin, sekarang sudah berpindah dan menepati lokasi yang baru.

Sebagiamana arahan Pemerintah Kota Banjarmasin, mereka dirahkan untuk menempati kawasan samping lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja Banjarmasin. Sementara, tempat lama sudah kosong, hanya tertinggal spanduk yang bertuliskan pedagang kaki lima sudah pindah ke lokasi yang baru.

Dari 15 PKL eks Bank Panin, salah satunya Muhammah Haris Mahyuni, penjual roti goreng menyebut,
ucapan terima kasihnya kepada Pemkot Banjarmasin. “Sebab kami masih bisa berusaha mencari nafkah. Walaupun bergeser, namun di tempat yang baru ini semua pedagang mengharapkan lebih baik lagi dari tempat sebelumnya,” ucapnya.

BACA: Hari Pertama PKL Anang Adenansi Pindah, Tak Semua Pedagang Yang Mau

Dia menyebut, tempat yang baru ramai pembeli, dan di tempat yang lama sudah ada pemberitahuan, sehingga para pelanggan langsung menuju ke tempat ini.

Senada dengannya, PKL lain yakni Bang Amat penjual martabak dan terang bulan, menyebut tidak ada lagi alasan para pedagang memakai hak penjalan kaki, dan mengganggu arus lalu lintas.

“Akan tetapi permintaan kami, kepada pemerintah atau dinas terkait, tempat baru yang kami tempati ini agar bisa dicor atau disemen. Sebab area di belakang kami ini, apabila turun hujan tanahnya becek. Hanya itu permintaan kami,” tuturnya.

Sementara, Rahmat calon pembeli sangat mendukung sekali dan mengapresiasi langkah Pemkot Banjarmasin, yang memberikan tempat bagi pelaku usaha mikro. “Selain mereka dapat menghidupi keluarganya, dikawasan ini juga sering ada acara, otomatis omset penjualan mereka ada peningkatan,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.