Hasil Sortir, KPU HSS Catat Ribuan Surat Suara DPR RI dan DPRD Provinsi Kalsel Rusak

0

PROSES pelipatan surat suara Pemilu 2024 untuk calon anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan telah selesai dilakukan di KPU Kabupaten Hulu Selatan (HSS).

DARI hasil pelipatan dan penyortiran ditemukan ada ribuan lembar surat suara yang rusak pada Jumat (5/1/2023).

Aktivitas pelipatan logistik terpenting Pemilu 2024 itu melibatkan ratusan warga di Kandangan secara bergantian. Hasilnya,  pelipatan surat suara untuk calon anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Kalsel telah sesai sesuai target KPU HSS.

Hanya saja, ditemukan surat suara yang didistribusikan oleh KPU Provinsi Kalsel melalui rekanan penyedia tidak semuanya bisa dipergunakan pada hari pemungutan suara nanti. Ketua KPU Kabupaten HSS Gusriadi mengungkapkan tercatat jumlah surat suara yang rusak untuk pemilihan calon anggota DPR RI berjumlah 562 lembar dan kekurangan sebanyak 497 lembar.

BACA : Surat Suara DPRD Provinsi Kalsel Dicetak, Ini Sebaran Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2024 Di Kalsel

“Sedangkan surat suara untuk DPRD Provinsi Kalsel yang mengalami kerusakan berjumlah 1.821 lembar dan kekurangan sebanyak 885 lembar surat suara. Masalah ini sudah dilaporkan ke KPU PRivinsi Kalsel, sehingga secepatnya mendapat surat suara pengganti sebelum pemilihan berlangsung,” kata Ketua KPU Kabupaten HSS, Gusriadi kepada awak media di Kandangan, Jumat (5/1/2024).

BACA JUGA : Surat Suara DPD RI dan Pilpres 2024 Rampung Dicetak, Ini Jatah 13 Kabupaten/Kota di Kalsel

Menurut dia, untuk kegiatan pelipatan surat suara masih berlangsung berlanjut pada logistik pemilihan calon anggota DPRD Kabupaten HSS yang ditargetkan selesai pada Jumat (5/1/2023).

“Kami  juga berupaya mengamankan kotak dan bilik suara  karena setiap hari cuaca dilanda hujan yang dikhawatirkan percikan air masuk ke dalam gudang logistik,” tutur Gusriadi.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.