Ada Kampanye di Gelaran Batfest 2023? Bawaslu : Tak Ada Laporan Resmi Kedatangan Cawapres

0

HARI ini, Minggu 31 Desember 2023 salah satu perusahaan yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan menggelar Jalan Sehat Batfest 2023 atau Batulicin Festival 2023.

DARI informasi yang didapat, ada puluhan ribu masyarakat yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan Batfest 2023 tersebut untuk mendapatkan doorprize 150 paket umroh.

Salah satu Guru SDN di salah satu Kecamatan Sampanahan, Kabupaten Kotabaru yang namanya tidak mau ditulis berencana ikut serta dalam gerak jalan ini.

Bahkan dirinya sudah membeli baju putih lengan panjang yang menjadi syarat dalam acara gerak jalan tersebut. “Saya ingin mendapatkan hadiah umroh,” ujarnya kepada jejakrekam.com, Sabtu (30/12/2023).

BACA : Disiapkan Doorprize 150 Paket Umroh, Peserta Jalan Sehat Batfest 2023 Tembus 50 Ribu Orang

Namun, lanjut dia, setelah mendekati hari pelaksanaan, dirinya diberi baju yang ada gambar salah satu Capres dan Cawapres. Padahal awalnya kami cuma disuruh pakai baju putih lengan panjang saja.

“Ini membuat kami yang ASN yang sudah terlanjur mendaftar dibuat bingung. Padahal kami sebagai ASN harus netral. Apakah diperbolehkan mengikuti kegiatan tersebut,” jelasnya.

Untungnya, dengan maraknya pemberitaan terkait kaos bergambar pasangan capres dan cawapres tersebut diberbagai lini media sosial, membuat panitia membatalkan penggunaan baju tersebut dan menggantinya kembali dengan kaos putih polos.

BACA JUGA : Diduga Tak Netral, Komisioner Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan Di-DKPP-Kan

Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono mengatakan, kegiatan gerak jalan selagi tidak kampanye diperbolehkan saja dan tidak ada masalah. Namun, jika kegiatan tersebut menggunakan atribut partai dan menggunakan baju capres dan cawapres serta diikuti ASN, TNI dan Polri itu yang tak dibenarkan.

Terkait kedatangan salah satu Cawapres di Jalan Sehat Betfest 2023, Aries menyebut, pihaknya belum ada menerima laporan resmi. “Kami tentu akan minta Bawaslu Tanbu mengawasinya. Kalau ada keterlibatan ASN, TNI dan Polri dalam gerak jalan tersebut agar segera ditindak sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Sepengetahuan Aries, Batfest 2023 bukan kegiatan kampanye. sebab, jika kampanye maka harus ada pemberitahuan ke kepolisian dan ada tembusan kepada KPU dan Bawaslu.

BACA LAGI : Diduga Langgar Prinsip Kode Etik, KN-JP2B Berencana Adukan Bawaslu Kalsel Ke DKPP

“Karena tak ada pemberitahuan kami imbau panitia agar dalam pelaksanaan tidak ada sisipan muatan kampanye dan tak ada atribut dalam bentuk apapun termasuk kaos yang digunakan,” papar Aries.

Terpisah, mantan Ketua Bawaslu Kalsel Mahyuni mengatakan tidak dibenarkan kalau ada ASN, TNI/Polri yang ikut dalam gerak jalan itu. Sebab mereka harus netral. Menurut dia, tindakannya dari ASN, TNI dan Polri tidak boleh menguntungkan atau merugikan peserta pemilu lainnya.

“Kalau ASN, TNI/Polri memakai baju capres, maka yang bersangkutan sudah masuk kategori mengkampanyekan dan menguntungkan peserta pemilu lainnya. tentu ada sanksi yang sudah menanti,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asykin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.