Dinsos P3APMD Balangan Salurkan Bantuan Alat Bantu Disabilitas

0

ALAT bantu menjadi kebutuhan dasar yang berpengaruh besar terhadap partisipasi penyandang disabilitas dan lansia dalam berbagai aspek kehidupan.

UNTUK memenuhi kebutuhan aspek tersebut, Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial P3APMD Kabupaten Balangan dibantu oleh Al Tamar Peduli menyalurkan bantuan kepada disabilitas berupa sejumlah alat bantu dibeberapa lokasi di Kabupaten Balangan.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial P3APMD Kabupaten Balangan, S.Enggo Widodo, Jumat (8/12/2023) mengatakan, penyaluran alat bantu disabilitas ini dilakukan dibeberapa titik jangkau diantaranya di Desa Dayak Pitap, Desa Jimamun, Desa Kandang Jaya serta desa lainnya.

BACA : Layar Sibalang Dinsos P3APMD Balangan Tangani Satu Korban Pasung Psikotik

Adapun alat-alat bantu yang disalurkan berupa kursi roda triple function, alat bantu dengar, tongkat tripod, dan tongkat kruk yang merupakan bantuan Kemensos RI melalui Dinsos Provinsi Kalsel.

Lokasi dan yang berhak menerima dilakukan hasil dari penjangkauan/respon kasus atas laporan aparat desa dan relawan Al Tamar Peduli dari masing-masing desa.

“Bantuan berupa alat bantu disabilitas ini diberikan kepada penyandang disabilitas tujuannya adalah agar para difabel yang menerima mampu melaksanakan aktifitas sehari-hari secara mudah dan semakin mandiri,” ungkapnya.

BACA JUGA : Layar Sibalang Dinsos P3APMD Balangan Masuk 10 Besar Top Inovasi

Alat bantu tersebut lanjutnya, diharapkan sebagai sarana terapi mobilitas dan meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas dengan dukungan keluarga.

Selain itu bantuan ini merupakan pelayanan kesejahteraan sosial dengan pendekatan rehabilitasi sosial yaitu “sebagai proses refungsionalisasi dan pengembangan untuk memungkinkan seseorang mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat”.

Karena menurutnya, penyandang disabilitas adalah aset bangsa dan sudah kewajiban semua pihak mendukung mereka dalam menjalankan fungsi sosial di lingkungan masyarakat, serta dukungan keluarga untuk mengakses sumber pelayanan kesejahteraan sosial yang dapat dimanfaatkan keluarga.

“Harapan ke depan semoga pemberian alat bantu ini bermanfaat dalam membantu aktivitas sehari-hari,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.