Hanya 46 Pelamar Serahkan Berkas Incar 5 Kursi Komisioner KPU Tabalong Periode 2024-2029

0

HINGGA batas waktu ditetapkan KPU RI, ternyata para peminat menjadi anggota KPU Kabupaten Tabalong periode 2024-2029 terbilang cukup banyak.

TERBUKTI sejak dibuka pada 26 November hingga 2 Desember 2023, terjaring 46 pelamar yang diterima oleh Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Tabalong periode 2024-2029 dengan sekretariat di ruang Abror Hotel TreePark di Jalan A Yani Km 6,2 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

“Sebanyak 46 pelamar itu sudah menyerahkan berkas persyaratan secara langsung ke Sekretariat Timsel. Kemungkinan nanti para pelamar akan bertambah yang mengirim berkas lewat pos,” ucap Sekretaris Timsel Anggota KPU Tabalong periode 2024-2029, Varinia Puri Damaiyanti kepada jejakrekam.com, Jumat (8/12/2023).

Menurut Varinia, berdasar data dari aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) KPU RI tercatat ada 82 orang yang memasukkan lamaran. “Namun, dari 46 pelamar yang menyerahkan berkas, sebenarnya sudah melampaui jumlah komisioner KPU Tabalong yang dicari sesuai aturan. Karena harus dikalikan dua sesuai kebutuhan, berarti sebanyak 10 orang,” tutur akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

BACA : Rekrutmen PPK Dan PPS Tabalong Lewat Aplikasi SIAKBA, Ini penjelasan KPU Tabalong

Dia menjelaskan dari 46 pelamar itu, terdapat 3 orang perempuan dan mayoritas pelamar berasal dari Kabupaten Tabalong. Karena hal itu diwajibkan yang mengisi KPU Tabalong adalah putra-putri daerah tersebut.

“Agenda selanjutnya kami akan periksa dan seleksi berkas guna menetapkan hasil yang lulus seleksi administrasi pada 15 Januari 2023. Selanjutnya, diumumkan pada 17 Desember 2023, guna mengikuti tes CAT dan psikotes,” kata Varinia.

Sedikitnya ada 12 dokumen persyaratan yang harus dipenuhi para pelamar. Di antaranya fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir, membuat surat pernyataan setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, tidak pernah menjadi anggota atau pengurus parpol minimal 5 tahun, bersedia bekerja penuh serta surat pernyataan lainnya dibuat di atas materai cukup.

BACA JUGA : Banyak Alumni Terpilih Jadi Komisioner KPU di Kalsel, Wasekjen PB PMII Jamin Punya Integritas

Untuk ujian tertulis menggunakan metode computer assisted test (CAT) akan dilaksanakan di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Sementara tes psikologi termasuk tes kesehatan bekerjasama dengan Korem 101/Antasari.

“Untuk pelaksanaannya masih belum ditentukan jadwalnya. Lewat ujian tertulis dan tes psikologi guna menyaring 20 orang guna berikutnya mengikuti tes kesehatan dan wawancara pada tahap akhir di daerah,” ucap Varinia.

Menurut dia, hasil seleksi itu akan melahirkan 10 besar, selanjutnya nama-nama calon komisioner KPU Tabalong akan diserahkan ke KPU RI di Jakarta. Nantinya, KPU RI yang memutuskan siapa saja terpilih dan dilantik guna mengisi 5 kursi komisioner KPU Tabalong periode 2024-2029.

BACA JUGA : Resmi, Ketua KPU RI Lantik 240 Komisioner Kabupaten/Kota Terpilih, Hj Rusnailah Ketua KPU Banjarmasin

“Mereka akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) guna menentukan lima komisioner terpilih sebagai anggota KPU Tabalong periode 2024-2029,” ucap anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Kalsel Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ini.

Berdasar surat keputusan KPU RI tentang penunjukan personal Timsel Calon Anggota KPU Tabalong. Yakni, Prof Ani Cahyadi (guru besar UIN Antasari) selanjutnya Ketua Timsel. Kemudian, Varinia Pura Damaiyanti (akademisi FISIP) ULM sebagai Sekretaris Timsel. Dari anggota, terdapat, Prof Abdul Halim Berkatullah (guru besar Fakultas Hukum ULM), Farah Qubayla (akademisi sosiologi FISIP ULM) serta Prof Sunardi (guru besar Fakultas MIPA ULM).(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.