Banyak Alumni Terpilih Jadi Komisioner KPU di Kalsel, Wasekjen PB PMII Jamin Punya Integritas

0

SUDAH menjadi rahasia umum, rata-rata komisioner yang terpilih baik di KPU maupun Bawaslu punya cantolan organisasi kemahasiswaan, organisasi kemasyarakatan (ormas) atau kekuatan di balik layar.

AMBIL contoh, saat KPU RI memilih sekaligus melantik para anggota KPU kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, Minggu (25/6/2023), sederet nama punya koneksi ke organisasi kemahasiswaan. Bahkan, mereka juga rata-rata pernah menjabat di lembaga penyelenggara maupun pengawas pemilu.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Muhammad Ramli Jauhari memberikan selamat atas dilantiknya komisioner KPU kabupaten dan kota.

Sejumlah nama yang dilantik berlatar belakang jebolan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) seperti Riza Anshari dan Muhammad Fahmi Failasopa, Komisioner KPU Kalsel yang telah dilantik pada Mei 2023 lalu.

BACA : 5 Komisioner KPU Kalsel Dilantik Ketua KPU RI, Andi Tenri Sompa Ditunjuk Jadi Ketua Secara Aklamasi

Selanjutnya, Azhari Fadli Komisioner KPU Banjarmasin, Abdul Muthalib KPU Kabupaten Banjar, Muhammad Salman (KPU Balangan), Sapari Muhamad Sidik Komisioner KPU Hulu Sungai Selatan, Anur Rijali dan Ardiansyah Komisioner (KPU Hulu Sungai Tengah), Ihsan Rahmani Komisioner (KPU Hulu Sungai Utara), Nazaruddin Ikhwan Komisioner (KPU Tanah Laut), serta Rozy Maulana Komisioner KPU Banjarbaru.

BACA JUGA : Mirip Dapil DPR RI, Pemilihan Calon Komisioner KPU Kabupaten/Kota Jadi Sorotan Forum Ambin Demokrasi

Ramli mengapresiasi figur komisioner yang muncul dari beragam latar belakang organisasi masyarakat. “Alhamdulillah, secara umum saya mengucapkan selamat dan sukses teruntuk seluruh komisioner KPU kabupaten dan kota se-Kalsel, khususnya segenap alumni yang telah resmi dilantik oleh KPU RI sebagai komisioner KPU, guna mengawal UU Nomor 7 Tahun 2017 pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024,” ujar Ramli Jauhari dalam keterangan resmi kepada jejakrekam.com, Rabu (28/6/2023).

Dia meyakini komisioner yang dilantik termasuk alumni PMII memiliki kapabilitas dan integritas sebagai penyelenggara pemilu.

BACA JUGA : Dari Rekrutmen Timsel Tidak Transparan Bisa Menghasilkan Komisioner KPU Tak Berkompeten

“Saya meyakini, sahabat-sahabat senior yang memperoleh amanah merupakan para sosok yang memiliki kapasitas dan kapabilitas mumpuni, guna mengawal demokrasi dalam politik ke depan di Kalimantan Selatan,” papar mantan Ketua Umum PMII Kalsel ini.

“Berharap keberhasilan mereka akan menjadi motivasi bagi kader-kader PMII untuk diikuti dalam dunia kepemiluan, turut serta menjadi bagian Komisioner KPU dan berperan mewujudkan Pemilihan Umum dapat menjadi sarana integrasi bangsa,” beber Ramli lagi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.