Program Home Care Bantu Warga Pelosok Dapatkan Layanan Kesehatan

0

PROGRAM Home Care atau perawatan langsung ke rumah bagi masyarakat yang tidak bisa pergi ke fasilitas kesehatan terdekat, hadir berikan pelayanan kesehatan secara gratis untuk masyarakat Balangan.

LAYANAN kesehatan ini menyentuh wilayah pedalaman. Di mana secara rutin petugas Puskesmas, terutama dokter yang bertugas, akan datang ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan.

Sehingga salah satu bentuk mewujudkan layanan dari program Home Care tersebut, UPTD Puskesmas Uren, Kecamatan Halong turut andil dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat, Kamis (23/11/2023).

BACA : Satlinmas Balangan Dilatih Penanganan Tanggap Bencana

Dokter pendamping Tim Home Care Puskesmas Uren, Hamsia Hamkina, bahwa program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang optimal.

“Tujuannya supaya masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan akses pelayanan kesehatan, apalagi jalan menuju Puskesmas Uren lumayan jauh dan medan yang sulit, sehingga pasien tertentu bisa kami datangi untuk melaksanakan Home Care,” ujarnya.

Dalam pelayanannya, Home Care tersebut diperuntukkan bagi pasien berdomisili di Balangan utamanya terhadap para lansia, disabilitas, pasien rujuk balik seperti pasien yang memiliki riwayat hipertensi, diabetes dan stroke.

BACA JUGA : Lakukan Simulasi Pencegahan Bencana Kebakaran, BPBD Balangan Sambangi SMPN 1 Batumandi

“Alhamdulillah kemarin sudah dapat motor Home Care dan itu sangat membantu kami dalam melakukan kunjungan kepada pasien-pasien kami yang jauh,” ungkapnya.

Sementara itu, warga Desa Mamigang, Ugau, sangat berterima kasih dan menyambut baik dengan adanya program kesehatan seperti ini.

Ugau mengaku selama layanan kesehatan berjalan, dirinya sangat terbantu apalagi dengan kondisi tubuh yang tidak mampu menuju ke Puskesmas terdekat.

“Sangat terbantu, bagus semua pelayanannya dan semua pihak home care yang bertugas juga sangat baik dalam melayani kami baik itu pengobatannya dan lainnya,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Riza/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.