Digarap Kodim Tabalong, Akses Jalan 2,5 Km Penghubung Desa Nawin dan Desa Seradang Diresmikan

0

AKSES jalan sepanjang 2,5 kilometer yagn menghubungkan Desa Nawin ke Desa Seradang, Kecamatan Haruai diresmikan langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

AKSES jalan ke Desa Seradang yang telah disiapkan oleh Pemkab Tabalong sebagai kawasan industri penopang Ibukota Negara (IKN) Nusantara ini. Infrastruktur jalan ini pun dibangun lewat program Karya Bakti TNI kerja sama antara Pemkab Tabalong dengan Kodim 1008/Tabalong.

“Kami berharap bukan sekadar membangun jalan, tapi akan mendongkrak perekonomian warga, khusus para petani yang ada di Desa Nawin dan Desa Seradang,” tutur Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam acara Syukuran Peresmian Jalan yang Menghubungkan Desa Seradang dengan Desa Nawin, Kamis (23/11/2023).

Dalam acara syukuran itu, tampak hadir Danramil 02/Haruai Kapten Inf Uung Sutandi, Kapolsek Haruai Ipda Muhammad Fajar Saputra, Camat Haruai Handi Yuanardi dan Kepala Desa Seradang, Tajuddin Noor.

BACA : Jadi Daerah Penyangga IKN, Tabalong Punya Lahan 3.000 Hektare Untuk Kawasan Industri

“Ini patut kita syukuri ternyata pembangunan di Tabalong ini sampai ke pelosok-pelosok. Tinggal bagaimana kita sebagai warga bisa memanfaatkan dan memelihara jalan ini,” kata bupati dua periode ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabalong, Erwan Mardani menungkaplan lewat program Karya Bakti TNI pembangunan dianggarkan dari APBD Perubahan 2023.

“Kegiatan Karya Bakti TNI dianggarkan melalui APBN Perubahan 2023 dengan nilai sebesar Rp 2,8 miliar,” kata Erwan Mardani.

BACA JUGA : Wagub H Muhidin Ajak Semua Elemen Wujudkan Tabalong Serambi Depan Kalsel Penyangga IKN

Dia menjelaskan, akses jalan yang terbangun itu sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mayoritas berkebun karet. “Kepada masyarakat mari kita jaga jalan ini dengan baik. Mudahan-mudahan ini memberikan satu manfaat kepada kita semua,” ucap Erwan.

Untuk diketahui, berdasar data LPSE Tabalong, pada 2018, proyek peningkatan jalan penghubung Desa Nawin RT 07 ke Desa Seradang, Kecamatan Haruai telah digarap kontraktor pemenang tender; CV Bangun Banua dari proyek Dinas PUPR Kabupaten Tabalong dengan nilai kontrak Rp 478 juta.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.