Jadi Daerah Penyangga IKN, Tabalong Punya Lahan 3.000 Hektare untuk Kawasan Industri

0

BUPATI Tabalong, Anang Syakhfiani, mengatakan bahwa pemerintah pusat tengah menyiapkan satu kawasan industri di wilayah Seradang, Kecamatan Haruai, untuk menopang kebutuhan Ibukota Negara (IKN) Baru Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kaltim.

ANANG mengatakan, kawasan industri itu punya luas 3.000 hektare. Area tersebut disiapkan karena Kabupaten Tabalong merupakan daerah terdekat dari IKN.

“Secara psikologis, yang paling dekat itu Tabalong. Masyarakat di ibu kota negara baru, nanti memerlukan kebutuhan pokoknya pasti dari Tabalong,” ujar saat ditemui awak media, baru-baru tadi.

BACA : Model Pemimpin Yang Layak Untuk Daerah Penyangga IKN (1)

Pekan depan, tepatnya pada Kamis (4/10/2021), pemerintah pusat akan mengundang Pemkab Tabalong untuk memaparkan detail tata ruang agar kawasan industri di Seradang bisa dieksekusi ke tahap selanjutnya.

BACA JUGA: Model Pemimpin yang Layak untuk Daerah Penyangga IKN (2-Habis)

“Saya yakini, itu bagian dari upaya pemerintah menyiapkan agar Tabalong betul-betul jadi daerah penyangga,” kata dia.

Anang pun meyakini, kebijakan pemerintah memindah ibu kota ke Kaltim akan berjalan dengan baik karena daerah-daerah penyangga seperti Tabalong memiliki waktu untuk bersiap.

“Kita di Indonesia ini tidak punya pengalaman. Seperti yang kita sedang rasakan sekarang, ketika Indonesia diproklamasikan 17 Agustus 1945, Jakarta dan daerah-daerah sekitar relatif tidak punya persiapan untuk daerah IKN. Nah kita ini alhamdulillah ada waktu,” kata dia. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.