Tingkatkan Gizi dan Ketahanan Pangan, Desa Panimbaan Jalankan Inovasi Satu Rumah Satu Kolam Ikan Bioflok

0

PEMERINTAH Indonesia terus mendorong berbagai program untuk mewujudkan ketahanan pangan di penjuru Negeri. Di antara program yang dilaksanakan, adalah penerapan teknologi bioflok.

GUNA memenuhi kebutuhan gizi warga dan meningkatkan ketahanan pangan secara mandiri, Desa Panimbaan, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan menjalankan inovasi 1 rumah 1 kolam ikan bioflok (budidaya ikan nila).

Camat Juai, Nanang Edward, Rabu (15/11/2023) mengatakan, program inovasi desa ini sesuai dengan visi misi Bupati Kabupaten Balangan yaitu menata kota membangun desa, dimana melalui program inovasi ini diharapkan mampu membangun desa, terutama dibidang ketahanan pangan.

BACA : Anggota DPRD Balangan Dorong Perikanan Sebagai Ekonomi Alternatif Masyarakat

“Saat ini program telah berjalan, dan nantinya saat panen raya insya allah akan dihadiri langsung oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi,” ujarnya.

Nanang mengungkapkan, dengan mengembangkan budidaya nila berbasis teknologi bioflok di desa, itu bisa mendorong terciptanya pemerataan ekonomi, dan sekaligus menjaga ketahanan pangan di desa.

“Inovasi teknologi bioflok ini diharapkan akan mampu meningkatkan nilai SDA yang ada, dengan demikian akan memicu ruang pemberdayaan masyarakat yang lebih luas dan sudah barang tentu akan menggerakkan ekonomi lokal,” katanya.

Ia berharap dengan konsep penerapan budidaya ikan bioflok ini desa lainnya juga bisa segera mengadopsi.(jejakrekam)

Penulis Fahriza/InfoPublik
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.