Pertandingkan 16 Cabor di Pomnas ke-18, Paman Birin : Junjung Tinggi Sportivitas

0

PEMBUKAAN Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-18 tahun 2023 diresmikan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Ario Bimo Nandito, Rabu (15/11/2023) malam.

BERTEMPAT di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, acara berlangsung meriah dengan di hadiri tidak kurang dari 2.338 orang yang terdiri dari 20 orang perwakilan atlet mahasiswa se Indonesia.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Ahmad Alim Bachri sekaligus Ketua Pelaksana Pomnas ke-18 mengaku bersyukur karena ULM dapat menjadi tuan rumah dalam perhelatan olahraga mahasiswa di tingkat nasional.

BACA : Temui Menpora Dito, Rektor Prof Ahmad Laporkan Kesiapan ULM Jadi Tuan Rumah Pomnas XVIII 2023

“Alhamdulillah dan saya ucapkan terimakasih atas dukungan penuh dari Menpora RI, Mendikbudristek RI, Gubernur Kalsel, DPRD Kalsel dan jajaran lainnya yang sudah menyukseskan Pomnas ke-18 di Kalsel tahun ini. Saya juga mengapresiasi kepada seluruh panitia terlibat yang telah berusaha semaksimal mungkin menyiapkan perhelatan Pomnas ini sehingga pada pembukaan kali ini dapat berlangsung dengan baik,” ucap Rektor ULM disela acara pembukaan.

Prof. Ahmad Alim Bachri menyebut melalui sinergitas yang luar biasa, pembukaan bisa berlangsung dengan baik.

“Kita berharap acara Pomnas berlangsung lancar, sukses hingga selesai acara dan mahasiswa-mahasiswi dapat mengukir prestasi terbaiknya,” ringkasnya.

Adapun Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Pomnas ke-18 tahun 2023 di Bumi Lambung Mangkurat.

BACA JUGA : Sambut POMNAS XVIII, Gubernur Kalsel Inginkan Pelayanan Maksimal Kepada Peserta

Menurut Paman Birin sapaan akrabnya, keindahan daerahnya bagaikan sehelai kain dari surga. Sinarnya banua membuat banua bersinar.

“Mudah mudahan kedatangan seluruh kontingen dalam suasana yang bahagia, gembira dan selamat semua” katanya.

Paman Birin juga mengingatkan kepada seluruh peserta Pomnas untuk menjunjung tinggi sportivitas.

“Dengan sportivitas itu mendekati nilai nilai kejujuran, dengan kejujuran menjadi modal kita menjalani kehidupan,” ucap orang nomor satu di Kalsel.

Sementara itu, Menpora RI Dito Ariotedjo mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sehingga pelaksanaan Pomnas dapat berjalan dengan baik.

BACA LAGI : Resmikan Diluncurkan, Wakili Kalsel ULM Siap Jadi Tuan Rumah Geber POMNAS XVIII

“Saya mendapat informasi bantuan Bapak Gubernur sangat besar, Terima kasih Bapak Gubernur Kalimantan Selatan yang telah mendukung penyelanggaraan Pomnas ke 18 tahun 2023, ini memberikan dampak ekonomi yang baik, balik modal,” katanya.

Dito juga memuji penambahan cabor yang sebelumnya hanya 14 cabor, pada tahun 2023 ini menjadi 16 Cabor dengan rambahan 2 cabor tersebut ialah silat dan gulat.

Menurut Menpora, prestasi olahraga bagi mahasiswa merupakan hal penting yang harus tercapai, karena mahasiswa mempunyai keunggulan yakni masa keemasan dalam beprestasi dan mahasiswa mempunyai daya nalar untuk dapat memecahkan masalah.

Menpora berpesan kepada mahasiswa yang bertanding untuk mempunyai rasa keberanian dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

BACA JUGA : Hari Kedua POMNAS XVIII, DKI Jakarta Sementara Bertengger Di Posisi Peraih Medali Terbanyak

“Serta kita jadikan kegiatan olahraga yang kompetitif dan berkualitas serta bermanfaat bagi mahasiswa untuk membentuk karakter, semangat para mahasiswa di Kalimantan Selatan ini untuk dapat menjadi juara sebagai kontingen pada Pomnas ke -18 di Kalimantan Selatan ini,” tutupnya.

Diketahui, pembukaan ditandai secara simbolis oleh Menpora dan Gubernur Kalimantan Selatan yang membidik menggunakan busur panah ke panggung utama hingga menimbulkan letupan kembang api.

Pomnas ke-18 ini diketahui Ada 16 cabang olahraga yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir. Dengan jumlah atlet yang mengikuti pertandingan sebanyak 2717 orang dari 34 provinsi se-Indonesia

Acara ditutup dengan penampilan dari penyanyi Putri Ariani. Putri Ariani hadir untuk menghibur dan memotivasi seluruh atlet.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.