Dihadiri 250 Seniman, Banjarmasin sebagai Tuan Rumah Ingin ASKS XXX-2023 Menjadi Terbesar

0

HAJATAN besar para seniman dan budayawan Kalimantan Selatan resmi dibuka oleh Wakil Walikota Arifin Noor di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Jumat (26/10/2023).

ARUH Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XX-2023 digelar selama 4 hari pada 26-29 Oktober 2023 ini dihadiri sekira 250 seniman dari 13 kabupaten/kota. Kegiatan seni, sastra dan budaya ini digeber di dua tempat; Hotel Aria Barito jadi wadah seniman berdiskusi dan Siring Menara Pandang Banjarmasin sebagai arena pertunjukan.

Wakil Walikota Arifin Noor berharap Banjarmasin sebagai tuan rumah ASKS XX yang telah menggelontorkan dana Rp 1 miliar bisa menjadi kegiatan luar biasa dan berjalan lancar.“Semoga kita terus bisa memertahankan budaya kita, baik dari kesenian hingga para senimannya,” ucap mantan pejabat Pemprov Kalsel.

Arifin Noor memastikan Pemkot Banjarmasin akan terus mendukung para sastrawan, budayawan dan seniman untuk terus tumbuh berkembang. Dengan begitu, para pelaku seni ini bisa memberikan inspirasi dalam berkarya.

BACA : Aruh Sastra Kalimantan Selatan XX, Akan Menjadi Yang Termahal Dalam Sejarah Penyelenggaraan

Senada itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Zulfaisal Puetra mengungkapkan dalam gelaran ASKS XX kali ini, para sastrawan dapat mencapai beberapa aspek.

“Tentu pertama agar silaturahmi antar sastrawan, baik yang senior maupun junior, hingga berbagai bidang seni bisa terjalin,” kata Zul, sapaan akrab pejabat pemerintah kota ini.

Menurut dia, ASKS yang telah digelar selama 20 tahun ini merupakan ajang dan wahana bagi para sastrawan Banua agar bisa memajukan seni budaya dan menghasilkan karya terbaik.

BACA JUGA : 17 Tahun Aruh Sastra Kalimantan Selatan, Pelestarian Budaya Lisan Berbahasa Banjar

“Sebab, dalam ASKS XX mengikuti banyak serangkaian lomba hingga bermacam diskusi. Hasil ASKS XX ini akan menjadi bahan pengembangan dalam bersastra di Kalsel,” ujar penulis artikel aktif ini.

Beberapa lomba dalam ASKS XX digelar di antaranya lomba menulis novel, membaca puisi, manuskrip sastra, kritik sastra, madihin dan lainnya.

Para seniman dan pejabat mendeklarasikan diri untuk menyukseskan ASKS XX 2023 di Banjarmasin bisa sukses dan lancar. (Foto Ferry Oktavian)

—————

Bahkan, Zul menyebut dalam 20 tahun gelaran ASKS pada 2023 dengan Banjarmasin sebagai tuan rumah menjadi yang terbesar.

“Sebab, untuk pertama kalinya sejak digelar ASKS, lomba yang diadakan bisa berskala Kalimantan. Tentunya, juga banyak mengundang seniman lain dari seluruh Indonesia sebagai narasumber,” kata Zul.

BACA JUGA : Aruh Sastra Kalsel 1 (2004) dan D. Zawawi Imron

Hal ini sejalan dengan visi Walikota Ibnu Sina yang ingin menjadikan Banjarmasin sebagai kota kota budaya, kota seni dan kota kolaboras. Dengan begitu, Zul mengatakan Banjarmasin ingin meletakkan jejak bahwa ini aruh sastra tebesar sepanjang 20 tahun terakhir.

Tercatat, ada 250 seniman yang berhadir. Bahkan, tiap daerah dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel mengutus 15 duta, termasuk para sastrawan dari luar Kalsel dan nasional turut diundang mengikuti ASKS XX 2023.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.