Bantu Tingkatkan Sub Sektor Ekonomi kreatif, Pemkot Resmikan Banjarmasin Creative Hub

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin, melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskopumker) menggelar peresmian Gedung Banjarmasin Creative HUB, bertempat di Jalan A Yani KM 3,5 Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Senin (16/10/2023).

GEDUNG Creative HUB tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dan dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Ketua TP-PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, serta para pimpinan Forkopimda Kota Banjarmasin.

Pada kesempatan itu H Ibnu Sina menekankan, pentingnya kolaborasi antar 17 subsektor ekonomi kreatif yang ada di Banjarmasin.

Dia juga menggarisbawahi, pentingnya ruang kolaborasi ini sebagai wadah untuk menghasilkan karya terbaik yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi kota.

BACA: Kunjungi Prancis dan Swiss, Walikota Banjarmasin Perkuat Kerja Sama Industri Kreatif dan Smart City

“Silahkan berkolaborasi bersinergi untuk melahirkan karya-karya terbaik, sehingga Banjarmasin kreatif ini milik kita bersama, dan kami berharap ruang-ruang yang sudah dibuat oleh pemerintah kota ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk melahirkan kreativitas dan juga karya-karya terbaik bagi warga kota,” ucap Ibnu.

“Kemudian kami juga minta dukungan dari semua pihak, termasuk dalam kolaborasi pentahelix ABCGM yaitu akademisi, bisnis dunia usaha terlibat, komunitas-komunitas yang terlibat, kemudian pemerintah kota dan juga media serta agregator dari perbankan, serta lembaga pembiayaan, sehingga semua kreativitas anak-anak Banua, bisa tumbuh berkembang dan menjadi pendongkrak ekonomi kita,” tambahnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah komunitas dan pelaku industri kreatif yang bersama-sama menunjukkan dukungannya dalam mewujudkan visi yang satu ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro M Isa Ansari menyampaikan, bahwa tujuan utama gedung ini adalah untuk menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas kreatif serta sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif di Banjarmasin.

BACA JUGA: Dibuka Selama 5 Hari, Even CKB 2022 Beri Ruang bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Banjarmasin

Lebih lanjut, Isa Ansari menekankan pentingnya kolaborasi antar komunitas dan partisipasi aktif dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif. Menurutnya, sektor ekonomi kreatif termasuk pengembang permainan, arsitektur, desain, musik, seni rupa, kuliner, dan sektor lainnya, secara keseluruhan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Ya, ada 17 sektor ekonomi kreatif, yaitu pengembang permainan, arsitektur, desain, interior, musik, seni rupa, desain produk fashion, kuliner, animasi dan video, fotografi, desain dan komunikasi visual, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi. Dengan demikian, peresmian Gedung Banjarmasin Kreatif diharapkan dapat memajukan dan mendorong pertumbuhan industri kreatif di kota Banjarmasin,” ungkap M Isa Anshari.

Isa berharap, peresmian Gedung Creative HUB dapat memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan industri kreatif di Banjarmasin, serta mendorong kolaborasi dan partisipasi yang lebih luas dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, dunia usaha, akademisi, serta komunitas masyarakat.

“Kita harapkan dengan keberadaan gedung ini dapat menjadi model bagi pengembangan serupa di tingkat nasional,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.