Kunjungi Prancis dan Swiss, Walikota Banjarmasin Perkuat Kerja Sama Industri Kreatif dan Smart City

0

DELEGASI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) berkunjung ke dua negara maju di Eropa; Prancis dan Swiss. Rombongan APEKSI diikuti 20 walikota di Indonesia.

AGENDA dibawa Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang masuk rombongan APEKSI ke Prancis dan Swiss terfokus pada pengelolaan industri kreatif dan pengembangan smart city secara global.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan, mempromosikan dan sekaligus melakukan kerja sama kota-kota di Indonesia dengan kota-kota di Eropa. Salah satu agendanya adalah rapat tentang hak kekayaan intelektual dan pembangunan berbasis smart city,” ungkap Walikota Ibnu Sina dalam siaran berita Prokom Banjarmasin dikutip jejakrekam.com, Senin (13/3/2023).

Rapat yang diikuti rombongan para walikota itu bersama dengan United Nation (UN) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Termasuk, lembaga terkait hak kekayaan intelektual seperti World Intellectual Property Organization(WIPO) serta International Telecommunication Union (ITU). Dua lembaga ini juga fokus membantu kota-kota di dunia dalam penerapan smart city.

BACA : Dampingi Walikota Ibnu Sina ke Tiongkok, Tiga Pimpinan DPRD Ikut Serta

Walikota Ibnu Sina ikut mempresentasikan potensi dari Kota Banjarmasin serta komitmen pemerintah kota dalam perluasan dan pengembangan ekonomi kreatif dan smart city.

“Kegiatan ini sangat penting bagi Pemerintah Kota Banjarmasin sebagai bentuk komitmen terhadap misi pertama yakni meningkatkan daya saing usaha ekonomi lokal, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi digital serta penguatan industri dan sarana distribusi perdagangan,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Dibangun Berbiaya Rp 4,2 Miliar Lebih, Museum Kota Banjarmasin Segera Perkuat Status JKPI

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan program berkunjung ke negara-negara Eropa juga selaras dengan misi ke 6 yaitu pelayanan publik berbasis smart city.

“Di Kota Paris (Prancis), para delegasi walikota ini melakukan audiensi dengan Walilota Paris 1 dan Walikota Paris 6,” kata H Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.