Bawaslu Tabalong Siaga Penuh Kawal Masa Tenang Hingga Perhitungan Suara Pemilu 2024

0

BUPATI Tabalong, H Anang Syakhfiani menghadiri apel siaga Pengawasan Pemilu 2024, yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Tabalong, di halaman Pendopo Bersinar, Minggu (11/2/2024).

APEL Siaga yang juga dihadiri oleh Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian, Dandim 1008/Tabalong, Letkol Inf Budi Galih Sanjaya, Kajari Tanjung, Aditia Aelman Ali, dan Ketua Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono, serta seluruh pemangku kepentingan, adalah wujud dari komitmen penuh dalam mengawal tahapan masa tenang, pemungutan hingga perhitungan suara Pemilu 2024.

BACA: Satu Frekuensi Awasi Tungsura, Bawaslu Tabalong Bekali  12 Panwascam dan 131 Panwaslu Desa/Kelurahan

Menurut Ketua Bawaslu Tabalong, Mahdan Basuki, hal ini sebagai upaya menyatukan semangat dan langkah-langkah jajarannya guna menjaga demokrasi serta mewujudkan pemilu yang bersih dan berkualitas.

“Kami menyatakan siaga penuh untuk menjaga masa tenang dan pemungutan serta perhitungan suara melalui kerja-kerja pengawasan, pencegahan dan penindakan,” ucapnya.

Diungkapkannya, pada tahap masa tenang ini hingga puncak pesta demokrasi nanti tidak ada pelanggaran dari peserta pemilu.
“Mari kita bersama-sama saat masa tenang sampai hari pemungutan dan perhitungan suara yang steril dari aktivitas segala bentuk kampanye,” ujarnya.

BACA JUGA: Dari 3.573 APK Peserta Pemilu, Bawaslu Tabalong Copot 215 Baliho Caleg Langgar Aturan

Diketahui, menurut tahapan masa tenang pemilu dijadwalkan pada 11 sampai 13 Febuari, yang mana tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas kampanye.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 27 Ayat (4) PKPU Nomor 15 Tahun 2023. “Peserta pemilu telah diberikan kesempatan sejak tanggal 28 November 2023 hingga 10 Febuari 2024 kemarin. Oleh ketentuan peraturan perundangan bahwa 75 hari dianggap cukup bagi peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan beragam metode yang telah diatur,” tambah Mahdan.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.