Panen Dan Tanam Padi Di HSS, Paman Birin Optimis Kalsel Menjadi Penyangga Pangan Nasional

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melakukan syukuran panen raya sekaligus tanam padi ulang di area persawahan milik Kelompok Tani Bina Baru, di Desa Siang Gantang, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Selasa (10/10/2023).

KEGIATAN tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah, dalam mendukung Gerakan Nasional Antisipasi Dampak Iklim El-Nino yang sedang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pj Bupati Hulu Sungai Selatan H Hermansyah, Dandim 1003/HSS Letkol Infanteri Bayu Oktavianto Sudibyo, Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, Kadis Pertanian dan Ketahananan Pangan HSS M Noor, dan puluhan anggota Gapoktan Bina Baru.

BACA: Antisipasi Dampak El Nino, Wakapolri Tanam Dan Panen Padi

Dalam sambutannya, Paman Birin memberikan apresiasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Desa Tiang Gantang yang meskipun saat ini sedang kemarau, masih bisa panen padi.

“Ini adalah bukti bahwa Banua kita diciptakan Allah begitu luar biasa kayanya. Saat ini kita memanen lalu menanaminya lagi. Artinya ini tidak pernah putus dalam menanam padi,” ujar Paman Birin.

Lebih-lebih, menurut Paman Birin, saat ini Indonesia tengah menghadapi dampak iklim El-Nino dan kemarau yang begitu panjang. Sebagimana arahan dari presiden, bahwa setiap daerah harus bersiap menghadapi ancaman tersebut.

“Alhamdulillah kemarin kita menerima penghargaan dari kementerian pertanian, dan tentu penghargaan ini adalah hasil atas kerja para petani kita, sehingga Banua kita mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Tentu saja penghargaan ini kita persembahkan untuk para petani kita, lebih khususnya para petani kita yang ada di Desa Siang Gantang,” tambah Paman.

Menurutnya, saat ini pemerintah pusat tengah melakukan program penanaman padi 500 ribu hektar tiap provinsi yang ada di Indonesia dalam menghadapi El-Nino, termasuk Provinsi Kalimantan Selatan.

“Dalam rangka gerakan nasional, ulun tidak ragu-ragu lagi dan ulun menyanggupi program tersebut, dan berharap nantinya padi-padi yang kita tanam bisa surplus, dan In Syaa Allah, Kalsel dapat menjadi penyangga pangan nasional,” harapnya.

BACA JUGA: Ikut Tanam Padi Dan Panen, Paman Birin: Musim Kemarau Kita Masih Bisa Panen

Sementara itu, Pj Bupati Hulu Sungai Selatan H Hermansyah dalam sambutannya mengatakan, untuk saat ini luas tanam dari April hingga September 2023 di kabupaten Hulu Sungai Selatan seluas 16.513 hektar.

“Dari target Gerakan Nasional Antisipasi El Nino seluas 13.609 hektar, Alhamdulillah kita bisa tanam seluas 13.620 hektar. Artinya, Kabupaten HSS adalah satu-satunya kabupaten di Kalsel yang surplus luas tanam seluas 17 hektar,” ujar Hermasyah.

Menurutnya, perkiraan panen hingga Desember 2023 seluas 29.950 hektar atau 99 persen dari luas tanam. Sehingga perkiraan panen di kabupaten HSS sebanyak 114.592 ton gabah kering dan setara beras sebanyak 72.192 ton.

“Perlu saya sampaikan, bahwa jumlah konsumsi beras masyarakat dari jumlah penduduk 233.153 jiwa di Kabupaten HSS pertahun sebanyak 24.108 ton. Dari kondisi tersebut, Kabupaten HSS hingga Desember Tahun 2023 mengalami surplus beras sebanyak 4.885 ton,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap dukungan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi petani yang ada di Kabupaten HSS. “Sehingga HSS tidak hanya siap menjadi penyangga pangan di kabupaten lain yang ada di Kalsel, tetapi dapat menjadi penyangga pangan nasional nantinya, terlebih sebentar lagi Kalsel menjadi gerbang Ibu Kota Negara,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.