Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Siapkan Pos Pantau

0

KONDISI cuaca di Kabupaten Balangan memasuki Bulan Oktober 2023 ini mulai terlihat perubahan dengan diselimuti kabut dan berbau seperti kebakaran kecil.

H Rahmi, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Rabu (4/10/2023) mengatakan, untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Balangan pihaknya telah menyiapkan posko pemantau.

Posko tersebut ada penempatan beberapa petugas untuk siaga penuh di lokasi yang telah terdeteksi adanya titik api yang bisa saja menjadi penyebab kebakaran lahan maupun hutan.

BACA : Udara Kian Tak Sehat Akibat Asap, Mulai Besok Sekolah di Banjarmasin Terapkan Belajar Online

Lebih lanjut H Rahmi menambahkan, berdasarkan laporan masyarakat dan petugas di lapangan ada beberapa titik api di Desa Mantimin Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan.

”Kami telah melakukan antisipasi dini dengan menerjunkan langsung para petugas kami kelapangan bersama instansi terkait seperti KPH Balangan, Pemerintah Kecamatan Batu Mandi, TNI dan Polri.

“Walaupun titik api yang kami perkirakan ada, namun kondisi lokasi yang sangat sulit untuk dijangkau dengan kendaraan dan alternatifnya berjalan kaki dan membawa peralatan seadanya,” bebernya.

H Rahmi mengungkapkan, pihaknya berharap kondisi cuaca ekstrim di Kabupaten Balangan tidak seperti Kabupaten lainnya seperti Kota Banjarbaru yang telah menimbulkan kebakaran lahan yang sangat sulit dipadamkan.(jejakrekam)

Penulis Herry/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.