Musim Kemarau, Harga Beras Lokal Naik Lebih Cepat

0

HARGA beras di pasar-pasar tradisonal Banjarmasin mulai merangkak naik. Seperti di kawasan pasar Sentra Antasari, pada Selasa (3/10/2023), harga beras lokal naik mencapai Rp 20 ribu per liternya.

SEPERTI yang disebut pemilik Toko Sembako Adi, penyebab kenaikan harga tersebut karena beberapa bulan terakhir ini kemarau panjang, dan petani banyak yang gagal panen. “Oleh sebab itu harga beras lokal naik, kisarannya dari Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per liternya,” ujarnya.

BACA: Kebanjiran Lalu Dilanda Kemarau, Harga Beras Lokal Banjar Terus Melambung Tinggi

Namun hal tersebut dapat teratasi, karena saat ini ada beras Thailand dan beras Pamanukan, yang hampir sama dengan beras lokal. “Harganya cukup terjangkau, Rp 12 ribuan per liter,” sambungnya.

Diketahui, Toko Sembako Adi dalam sehari dapat menjual rata-rata 3 ton beras lokal maupun beras Nunukan dan beras Thailand.

Sementara itu, harga daging sapi di kawasan Pasar Sentra Antasari mencapai Rp 145 ribu hingga 150 ribu per kilogram. “Kenaikan harga itu sudah tahun kemarin, namun permintaan daging sapi tidak pernah turun,” sebut H Yanto yang rata-rata jualan per harinya 30 kilogram.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.