Karhutla Kian Parah, Warga Liang Anggang Berharap Presiden Jokowi Datang ke Kalsel

0

KEBAKARAN Hutan dan Lahan (karhutla) yang terjadi di kawasan Pengayuan Liang Anggang Kota Banjarbaru menjalar hingga membakar pemukiman warga, kejadian tersebut terjadi pada Senin (25/9/2023) sekitar pukul 09.00 wita.

SALAH satu korban kebakaran Herman (41 tahun) yang rumahnya habis terbakar berharap Presiden Jokowi berkunjung ke Kalimantan Selatan untuk melihat kondisi kebakaran hutan dan lahan yang terus melanda.

“Coba kalau pak Jokowi mau ke sini, kami senang karena bisa melihat kondisi kami dan kondisi kebakaran di Banjarbaru. Kami sedih rumah habis, uang ikut terbakar, mudahan dibantu pembangunan rumah,” katanya berlinang air mata.

BACA : Ini 3 Daerah Terbanyak Karhutla di Kalsel, BNPB Rencanakan Hujan Buatan

Kemudian korban lain yang rumahnya ludes terbakar, Aspan dan Dian mengatakan tempat tinggal mereka rata dengan tanah yang tersisa hanya abu dari kebakaran. Bahkan pemilik rumah sempat pingsan lantaran rumahnya hangus terbakar dan asap yang pekat.

“Api menyala mulai pukul 09.00 Wita di pulau galam. Tiba – tiba api terus membesar akhirnya rumah ikut terbakar. Awalnya api hanya membakar lahan dan itu jauh dari permukiman, tapi sekitar pukul 12.00 Wita api mulai membesar dan mendekat,” ucapnya.

Bahkan arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan lantaran kabut asap di jalan umum sangat tebal. Jarak pandang diperkirakan sekitar 300 meter. Namun berkat kerjasama para BPK, kepolisian dan pemadam lainnya api bisa dikuasai.

BACA JUGA : Titik Api Masih Terlihat, BNPB Bakal Tambah Heli Water Bombing di Kalsel

Adapun Kapolsek Liang Anggang Kompol Yuda Pardede membenarkan akibat karhutla yang menjalar di Pengayuan  ada tiga bangunan rumah yang turut terbakar. Namun menurutnya bangunan kayu yang ludes tersebut hanya dua unit yang dihuni warga.

“Hanya kerugian materiil, tidak ada korban jiwa dari kebakaran yang menghanguskan rumah tersebut. Untuk luasan lahan yang terbakar sekitar 2 hektare, petugas sempat kesulitan masuk ke dalam karena asap cukup pekat,” terangnya.

Dari pantauan di lapangan kawasan Liang Anggang terjadi kebakaran dua titik. Pertama di Pengayuan dan Kotra Citra Graha. Selain itu juga terjadi kebakaran di Jalan Trikora Guntung Manggis, kawasan Guntung Damar juga masih terlihat titik api.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.