Hj Wahyu Windarti : Periode Emas Penting untuk Perkembangan Otak Anak

0

PENDIDIKAN optimal penting bagi anak-anak usia dini. “Seperti kita tahu, usia anak sejak lahir hingga enam tahun adalah periode emas, sehingga perlu memberikan rangsangan pendidikan yang optimal,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti, di gedung Aula Yapisa, Desa Hidayah Makmur, Rabu (20/9/2023).

MENURUT isteri Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar ini, periode emas masa ini penting untuk perkembangan otak, sehingga guru harus memahami betapa sangat bermaknanya pembentukan anak pada periode ini.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Resmikan Kantor Desa Kupang Berkah Jaya

“Pendidikan di usia dini adalah panduan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. PAUD yang baik adalah yang mampu memberikan wahana permainan dan belajar yang merangsang perkembangan anak sesuai dengan tingkatnya,” tutur Wahyu Windarti.

Menurut National Association for the Education of Young Children (NAEYC), ciri-ciri PAUD yang baik meliputi anak-anak bermain aktif, kreatif, kurikulum pendidikan fleksibel, dan sarana berkualitas.

Ia pun berharap, ciri-ciri PAUD ideal ini akan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi PAUD di Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Hadiri Penutupan IFRC

Para guru PAUD akan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak.

“Kegiatan hari ini bukan hanya acara seremonial semata, tetapi lebih dari itu, saya berharap dapat diaplikasikan kepada peserta didik kita semua,” tambahnya.

Melalui acara ini, Kabupaten Tanah Bumbu menunjukkan komitmen untuk memajukan PAUD dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi muda.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Serahkan Penghargaan ke Pelaku Seni

Acara lomba video pembelajaran dan lomba tari kreasi 5P ini, juga dimanfaatkan penyampaian rencana jambore dan Musyawarah Wilayah (Muswil) HIMPAUDI. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.