Perbuatan Gembong Narkoba Internasional Fredy Pratama alias Miming Coreng Nama Baik Warga Tionghoa Kalsel

0

NAMA Fredy Pratama alias Miming (38 tahun), warga Banjarmasin yang jadi gembong narkoba internasional kini merupakan orang yang paling dicari polisi sejumlah negara di dunia.

FREDY Pratama kini menjadi buronan Interpol usai masuk dalam ‘red notice’ atau daftar pencarian orang (DPO) 4 negara, termasuk Bareskrim Polri, Royal Malaysia Police, Royal Thai Police dan US-DEA.

Bahkan, Bareskrim Polri telah membentuk Tim Satuan Tugas Khusus (Satgasus) dengan sandi ‘Escobar Indonesia’ guna memburu Fredy Pratama bersama sindikatnya sejak Mei 2023. Dari operasi bersama, Bareskrim Polri berhasil menangkap dan mengungkap 39 pelaku tindak pidana narkoba jaringan Fredy Pratama dengan tugas masing-masing sejak 2000 hingga 2023.

Perburuan jaringan Fredy Pratama dilakoni Bareskrim Polri bersama Polda jajaran seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Lampung, Bali hingga Polda Metro Jaya dengan adanya 408 laporan.

BACA : Restoran Sanghai Palace Dan Aset Bandar Narkoba Internasional Fredy Pratama Di Kalsel Disita Bareskrim

Hingga dari operasi bersandi ‘Escobar Indonesia’ polisi berhasil mengamankan barang bukti kejahatan dan aset yang terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU) atau money laundering jaringan Fredy Pratama mencapai Rp 10,5 triliun.

Untuk peredaran narkoba dari barang bukti yang berhasil diungkap di Kalasel adalah 1,03 ton sabu, 284.228 butir dan 763,97 gram ineks atau ekstasi. Dari barang bukti dari jaringan internasional dikendalikan oleh Fredy Pratama bernilai Rp 1,4 triliun.

Fredy Pratama sendiri sebagai bos atau aktor utama diduga masih bersembunyi di Thailand, hingga bisa mengendalikan peredaran narkoba jenis sabu dan ekstasi di Indonesia dan Malaysia Timur. Terseretnya Fredy Pratama alias Miming atau dengan nama samaran lainnya seperti The Secret, Casanova, Air Bag dan Majapahit membuat tokoh Tionghoa Banjarmasin geram.

Foto terbaru Fredy Pratama alias Miming yang masuk Red Notice Interpol. (Foto Istimewa)

——————-

BACA JUGA : Kendalikan Peredaran Narkoba Dari Thailand, Jaringan Bandar Internasional Fredy Pratama Rapi Dan Terstruktur

Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Kalsel, H Winardi Soetiono mengakui gara-gara setitik nila rusak susu sebelanga akibat ulah dari Fredy Pratama yang merupakan warga Banjarmasin.

Terlebih lagi, kasus sang gembong narkoba ini juga menyeret ayahnya, Lian Silas alias Koh Silas yang selama ini menggeluti berbagai usaha restoran, perhotelan dan hiburan. Faktanya, Restoran Sanghai Palace, Hotel Mentaya Inn, Café Beluga di Banjarmasin, termasuk Hotel Armani Muara Teweh serta puluhan aset lainnya diduga hasil dari cuci uang narkoba disita oleh Bareskrim Polri.

Ketua PITI Kalsel yang juga tokoh Tionghoa Banjarmasin, Winardi Soetiono. (Foto Iman Satria)

———-

BACA JUGA : Terlibat Sindikat Narkoba Internasional Fredy Pratama, Hotel Armani Muara Teweh Disita Bareskrim Polri

“Kami menyayangkan jika warga Banjarmasin, Fredy Pratama yang juga terdata sebagai warga keturunan Tionghoa mencoreng nama baik kami. Kami meminta agar kepolisian menelisik dan mengusut tuntas sampai ke akarnya, karena narkoba ini jelas merusak generasi bangsa,” kata Winardi Soetiono kepada awak media di Banjarmasin, Kamis (14/9/2023).

Menurut dia, tak hanya PITI yang bereaksi, organisasi kemasyarakatan seperti Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Kalsel juga merasa tercemar akibat perbuatan Fredy Pratama alias Miming.

BACA JUGA : Ungkap Kasus Sabu 300 Kilogram, Paman Birin Beri Penghargaan Ditresnarkoba Polda Kalsel

“Kejadian semacam ini merupakan kekecewaan besar bagi warga Tionghoa. Ke depan saya berharap kepada warga Tionghoa yang ada di Kalsel bisa menjadi informan bagi polisi, jangan sampai ikut dalam perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum,” kata tokoh warga Tionghoa Kalsel ini.

Winardi mengapresiasi penyitaan aset yang terkait dengan gembong narkoba Fredy Pratama di Banjarmasin dan lainnya oleh Bareskrim Polri dan Polda Kalsel. “Semoga semuanya bisa terungkap,” kata Wins, sapaan akrabnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/09/14/perbuatan-gembong-narkoba-internasional-fredy-pratama-alias-miming-coreng-nama-baik-warga-tionghoa-kalsel/
Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.