Diimami KH Ilham Khumaidi, Paman Birin Ajak Masyarakat Kalsel Shalat Istisqa Di Daerah Masing-masing

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengikuti Shalat Istisqa, atau memohon turunnya hujan bersama warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya, di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kamis (14/9/2023) pagi.

SHALAT Istisqa yang diimami KH Ilham Khumaidi sekaligus khatib itu, dimulai sekitar pukul 07.39 WITA. Diikuti para ulama, tokoh masyarakat, Forkopimda Kalsel, dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Kalsel serta para pelajar.

Pada kesempatan itu, Paman Birin mengajak masyarakat bermohon kepada Allah SWT, agar diberikan rahmat turun hujan di Bumi Kalsel Babussalam ini. “Provinsi Kalsel pada musim hujan rentan terjadi banjir, dan pada musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan dan lahan di sejumlah lokasi.
Itulah sebabnya, Pemerintah Provinsi Kalsel selalu melakukan upaya mitigasi atau pencegahan agar bisa meminimalisir terjadinya jadi bencana di dua musim itu,” ucapnya.

“Bahkan saat ini Pemprov Kalsel sedang melakukan antisipasi banjir dengan memperdalam dan memperlebar sungai, perbaikan drainase dan sebagainya,” lanjut Paman Birin.

BACA: Dilanda Kemarau dan Karhutla, Pemkot Banjarmasin Gelar Shalat Istisqa

Terkait penanganan dan antisipasi karhutla, telah dilakukan bersama bagai upaya seperti pembasahan lahan, pembersihan rumput, pembagian air kepada masyarakat terdampak kekeringan, sampai pembagian masker penutup mulut dan hidung. “Jadi selain tindakan, kita juga berdoa bersama-sama di provinsi ini, meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar Paman Birin.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Mesjid Raya Sabilal Muhtadin KH Darul Quthni mengatakan, Shalat Istisqa merupakan ibadah sunat yang sangat utama, seperti Shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Sehingga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya dengan menurunkan hujan yang cukup, sehingga kondisi kemarau segera berakhir.

Sebelumnya, Paman Birin juga menggagas pelaksanaan shalat istisqa, Kamis (7/9/2023) di Masjid Agung Karomah Martapura Kabupaten Banjar. Serta mengimbau walikota/bupati se-Kalsel untuk bersama-sama Sholat Istisqa di daerahnya masing-masing.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.