Pipa Bocor Akibat Perbaikan Oprit Jembatan, Sepekan Sudah Warga Paringi Kecil Krisis Air Bersih

0

SEPEKAN sudah pasokan air bersih olahan PT Air Minum (PAM) Bandarmasih yang tak bisa dinikmati warga Parigi Kecil RT 13, Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan.

WARGA Paringi Kecil, Masriti (49 tahun) mengungkapkan sudah hampir satu minggu dirinya bersama di sekitar kampung mengalami krisir air besih. Dampaknya, warga Paringi Kecil pun kesulitan guna memenuhi kebutuhan mandi, mencuci, memasak dan lainnya.

“Sudah satu pekan tidak jalan, jadi memasak dan cuci pakaian harus menggunakan air sungai,” ujar Masriti sembari memperlihatkan keran air leding yang tak jalan kepada jejakrekam.com, Selasa (12/9/2023).

Menurut Masriti, air leding yang didistribusikan PAM Bandarmasih melalui mobil tangki tidak bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga Paringi Kecil. “Kami berharap pihak PAM Bandarmasih segera memperbaiki distribusi air bersih. Sebab, kebutuhan air sangat tinggi saat musim kemarau seperti sekarang,” kata Masriti.

BACA : Ganti Direksi Baru, PT AM Bandarmasih Umumkan Gangguan Air Bersih di Banjarmasin Selatan dan Timur

Terpisah, Manajer Produksi dan Distribusi, PAM Bandarmasih Zulbadi mengakui pasokan air bersih di kawasan Parigi Kecil Mantuil itu terdampak dari perbaikan oprit jembatan yang mengakibatkan rusaknya jaringan pipa.

“Sekarang memang sudah kami perbaiki dan distribusi sudah jalan, mungkin masih ada yang belum sampai untuk di daerah ujung-ujung jaringan air,” ucap Zulbadi.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, Zulbadi mengatakan PAM Bandarmasih telah mengirim mobil tangki ke kawasan Paringi Kecil dan sekitarya.

BACA JUGA : Resmikan SPAM Banjarbakula, Jokowi Sebut Bisa Suplai Air Bersih bagi 60 Ribu Rumah Tangga

Dijanjikan dalam tempo 3 hari ke depan, Zulbadi memastikan pasokan air bersih akan berjalan normal seiring dengan perbaikan kebocoran pipa distribusi. “Kami akan pastikan air bsia mengalir hingga ke daerah ujung yang saat ini masih macet,” kata Zulbadi.

Bagi warga yang mengalami krisis air bersih, Zulbadi mengingatkan untuk bisa mengontak pihak PAM Bandarmasih guna diturunkan mobil tangki.

“Dengan catatan kalau bisa menghubungi melalui melalui ketua RT setempat, karena  lebih mudah dalam koordinasi pendistribusian air bersih,” imbuh Zulbadi.

BACA JUGA : Waspada Bencana Hidrometeorologi Melanda, Akademisi Uniska Khawatir Berlanjut Krisis Air Bersih

Sementara tu, Supervisor Humas PAM Bandarmasih Raida Kartika Erryanti mengakui dengan kondisi kadar garam yang meningkat pada sumber air baku turut pula mengganggu distribusi air bersih sampai ke rumah pelanggan, terutama di kawasan ujung layanan PAM Bandarmasih.

“Bagi daerah terdampak ini, kami salurakan air bersih dengan mobil tangki. Selain distribusi air bersih mengalami penurunan, juga air sungai sudah berasa asin,” kata Raida.

Menurut dia, mobil tangki yang mengangkut air bersih olah PAM Bandarmasih telah dibagikan ke warga di Jalan Langgar RT 23 dan Jalan Perigi Kecil RT 13, Mantuil, Banjarmasin Selatan.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.