Lurah Lepasan Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Tanam Sayur

0

HARYANTO baru empat bulan bertugas sebagai Lurah Lepasan, Kecamatan Bakumpai, Kabupaten Barito Kuala langsung menjalankan programnya, yakni mengajak warganya agar memanfaatkan pekarangan rumah menjadi kebun keluarga yang cantik ditanami dengan berbagai jenis sayuran.

HAL tersebut dimaksudkan guna mendukung ketahanan pangan keluarga mandiri, serta mengurangi biaya hidup para ibu-ibu yang ada di Kelurahan Lepasan. “Tanaman yang ditanam di Kelurahan tersebut berbagai macam jenis, seperti tomat, cabai, bayam, sawi dan lain- lain,” , ujarnya dengan jejakrekam.com, Jumat (8/9/2023).

Saat ini hasilnya pun sangat menggembirakan dan sudah ada yang dijual di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Barito Kuala, disamping untuk keperluan sendiri. Hal tersebut menunjukkan masyarakat yang kreatif dan inovatif memanfaatkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. Dengan begitu masyarakat tidak selalu harus membeli melengkapi kebutuhan, karena sebagian diantaranya dapat dipenuhi secara mandiri.

BACA: Lumbung Padi Kalsel, Batola Jaga Stabilitas Ketersediaan Pangan

Menurut Haryanto, kemauan serta kepekaan seseorang terhadap lingkungan sekitar akan berpengaruh serta banyak memberikan manfaat. Tidak hanya kemandirian melainkan juga memberi nilai tambah terhadap perekonomian. “Sayang jika lahan yang ada di sekitar rumah tidak dimanfaatkan. Mungkin bisa ditanami dengan beberapa jenis tanaman pelengkap kebutuhan keluarga,” bebernya.

“Dengan adanya program yang memanfaatkan pekarangan rumah ini, saya bersyukur terhadap Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Batola yang senantiasa mensport progam saya ini,” ucapnya.

“Saya juga berharap, dengan kerjasama ini ada perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Lepasan melakukan hal yang serupa demi meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.