Bencana Karhutla di Kalsel, Gubernur Pinta Seluruh SKPD dan ASN Bersatu

0

MITIGASI karhutla dan kekeringan di Kalsel, Gubernur Kalsel pinta seluruh SKPD dan ASN berperan aktif dalam upaya mitigasi bencana. Hal itu disampaikan H . Sahbirin Noor saat memimpin Apel Mitigasi Penanganan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Serta Kekeringan di depan Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru (9/9/2023).

ORANG nomor satu di Kalsel itu mengatakan Pemerintah Provinsi Kalsel terus melakukan berbagai langkah dalam menangani Karhutla maupun kekeringan yang belakangan sering terjadi.

“Dalam situasi seperti ini kita harus bersatu dalam semangat gotong royong dan peduli sesama, saya mengajak Pasukan Elang Darat Karhutla, bersama seluruh SKPD dan ASN dilingkungan Pemprov Kalsel untuk berperan aktif dalam upaya mitigasi ini” kata Paman Birin, sapaan akrabnya.

BACA : Siap Padamkan Karhutla, Setwan Kalsel Turunkan Mesin Pompa Dan Tandon Air

Paman Birin juga memaparkan beberapa bentuk bantuan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjemput bola secara aktif mendatangi lokasi-lokasi dalam membantu masyarakat yang terdampak.

“Kita pastikan pasokan air bersih dengan mendatangi lokasi-lokasi yang membutuhkan bantuan air bersih, membersihkan semak belukar yang berpotensi terjadi titik-titik api, pembasahan lahan, menyediakan layanan kesehatan untuk memberikan pertolongan dan perawatan serta membagikan masker kepada masyarakat,” rinci Paman Birin.

Paman Birin berharap upaya ini bisa menginspirasi warga Kalsel untuk lebih peduli, tanggap, dan siap dalam situasi darurat.

BACA JUGA : Kabut Asap Kian Pekat, 7 Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Alami Keterlambatan

“Segala upaya yang telah kita laksanakan dapat menginspirasi seluruh warga Kalsel agar lebih peduli, lebih tanggap terhadap lingkungan dan lebih siap menghadapi situasi darurat.” Harap Paman Birin.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin meminta kepada Bupati/Walikota se-Kalsel untuk turut siaga dalam penanganan karhutla dan kekeringan.

Perlu diketahui, usai apel Paman Birin juga mengecek kondisi peralatan dan sarana prasarana masing-masing SKPD. Ia memastikan bahwa peralatan tersebut dalam kondisi prima, siap mendukung penanganan bencana, dan dapat menyelamatkan nyawa serta lingkungan.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.