Gandeng Kaikoukai, Departemen IPD FK ULM Siap Kirim Mahasiswa Spesialis Penyakit Dalam ke Jepang

0

DEPARTEMEN Ilmu Penyakit Dalam (IPD) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggandeng Kaikoukai Healthcare Corporation, Jepang dalam kerja sama pendidikan dan penelitian.

KERJA sama antara perguruan tinggi terkemuka di Kalimantan dengan perusahaan layanan kesehatan asal Jepang itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Presiden Direktur Kaikoukai Yamada Tetsuya, MD, Ph. D, Dekan Fakultas Kedokteran ULM Dr Istiana, dan Kepala Departemen IPD FK ULM dr. Abimanyu, Sp.PD, KGEH, FINASIM.

Perjanjian kerja sama (PKS) ini kemudian dirumuskan oleh Departemen IPD Fakultas Kedokteran ULM dengan pihak Kaikoukai. Ditargetkan pada awal tahun 2024, bisa direalisasikand dengan mengirim PPDS IPD tahap 3 FK ULM ke Jepang secara berkala setiap bulan dalam kerja sama pendidikan sekaligus konsep kerja sama penelitian internasional.

BACA : Potensi Nakes Di Kota Banjarmasin Dikembangkan Hingga Ke Negara Jepang

“Insya Allah, IPD FK ULM akan mengirimkan peserta didik (mahasiswa) spesialis penyakit dalam ke Jepang. Terutama, untuk pengembangan pengetahuan terkait ilmu geriatri dan perawatan lanjut usia, pengetahuan teknologi cuci darah dan perawatan kaki penderita diabetes di Jepang,” kata dr Meldy Muzada Elfa, Sp. PD, ditunjuk Kepala Departemen IPD FK ULM untuk merumuskan pola kerja sama kepada jejakrekam.com, Kamis (7/9/2023).

Meldy menjelaskan kerja sama dengan Kaikoukai Healtcare Corporation karena memiliki fasilitas kesehatan. Antara lain, lain rumah sakit, pusat cuci darah terkemuka, pusat perawatan lansia dengan demensia dan panti rawat lansia di Jepang.

BACA JUGA : Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Banjarmasin Jajaki Kerjasama dengan Jepang

“Kaikoukai berpusat di Perfektur Nagoya, Jepang  dipimpin Presiden Direktur Yamada Tetsuya yang juga merupakan dokter ahli ginjal (nephrologist) sehingga sangat konsen terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran,” ucap dosen Fakultas Kedokteran ULM ini.

Meldy yang juga Wakil Direktur RS Islam Banjarmasin ini mengatakan kerja sama dengan Kaikoukai diwujudkan dengan mengirim peserta didik ke Jepang secara bergantian dimana mereka akan belajar selama 1 bulan.

BACA JUGA : Cetak 1.978 Dokter, Fakultas Kedokteran ULM Luluskan 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Terbaik

“Diharapkan akhir tahun ini atau awal tahun depan, kami sudah bisa memberangkatkan peserta didik (residen) IPD ke Jepang. sekaligus beberapa staf juga berangkat sebagai seremoni pelepasan residen yang pertama kali stase luar negeri,” imbuh Meldy.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.