210 Pelajar Di Batola Ikuti Lomba Kreativitas Cegah Stunting

0

DINAS Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Kuala turut mengentaskan stunting, dengan menggelar lomba Kreativitas Cegah Stunting, yang diikuti 210 peserta dari pelajar SD, SLTP dan SLTA sederajat.

KEPALA Diskominfo Batola Hery Sasmita mengatakan, pihaknya mendukung penuh dalam mengatasi stunting, dengan memberikan edukasi langsung ke generasi alpha. “Adapun rinciannya, jumlah peserta mengikuti lomba mewarnai sebanyak 152 pelajar kelas 1 SD/sederajat, lomba menggambar poster diikuti sebanyak 39 pelajar SLTP/sederajat,” ujar Hery Sasmita dalam siaran pers disampaikan, Selasa (5/8/2023).

Disebutkannya, untuk lomba video singkat sudah mencapai penayangan sebanyak 20 ribu orang/viewers, yang diikuti sebanyak 19 peserta, terdiri dari pelajar SLTA/sederajat lingkup Kabupaten Batola dan mahasiswa berdomisili di Batola. Sehingga, dari tayangan video tersebut, pencegahan prevelensi penurunan angka stunting di Batola dinilai sangat efektif. 

Dia berharap, agar lomba-lomba kreativitas tersebut lebih digalakkan lagi untuk ke depannya.

BACA: Pemkab Batola Luncurkan ‘Gebyar Suara Panting’ Untuk Tekan Angka Stunting

Sekretaris Daerah Kabupaten Batola H Zulkipli Yadi Noor mengucakan terimakasih atas partisipasi dari para peserta dan memberikan ucapan selamat kepada para pemenang Lomba Kreativitas Cegah Stunting. 

“Sangatlah penting untuk mencegah stunting karena hal itu akan mempengaruhi kecerdasan seseorang di masa yang akan datang,” ucapnya.

Maka dari itu, sangat perlu untuk mencegah stunting sedini mungkin karena angka stunting sangat tinggi di Kabupaten Batola.

Dia berharap,  agar nantinya terus diadakan lomba-lomba seperti  dilaksanakan Diskominfo Batola, sehingga masyarakat bisa termotivasi, teredukasi serta terinformasikan.

Adapun  pemenang Lomba Kreativitas Cegah Stunting Tingkat Kabupaten Batola berdasarkan klasifikasi lomba sebagai berikut.

BACA JUGA: Lomba Masak Serba Ikan, Pemkab Batola Ajak Masak Ikan Untuk Atasi Stunting

Untuk Lomba Mewarnai, juara pertama diraih  Janetta Avigail Sikome (SDN Sidomulyo 1 Wanaraya). Juara  kedua  diraih Alifa Rifda (SDN Jejangkit Muara 1), dan juara ketiga diraih Felisha Arumi Bilqis (SDN Semangat Karya Alalak).

Sedangkan harapan satu diraih Raudatul Azkia (SDN Sampurna Jejangkit), harapan kedua diraih Ahmad Fajar Maulana (SDN Sidomulyo 1 Wanaraya), dan harapan ketiga diraih Hana Khairunnisa (SDN Ulu Benteng 5 Marabahan).

Selanjutnya, Lomba Menggambar Poster, juara pertama diraih Halipah (MTS Nurul Islam Mandastana), juara kedua diraih  Maya Resabella (MTSN 2 Barito Kuala Marabahan), dan juara ketiga diraih Putri Naila Husna (SMPN 8 Tamban).

Untuk harapan pertama diraih  Nor Malina (SMPN 4 Tamban), harapan kedua diraih Nor Ananda (SMPN 8 Tamban) dan harapan ketiga diraih Ayu Ananda (SMPN 1 Rantau Badauh).

Kemudian, Lomba Video Singkat,  juara pertama diraih Wahyu Chandra Fadhillah (Universitas Lambung Mangkurat), juara kedua diraih  Nuzulul Abrar (Universitas Islam Kalimantan) dan juara ketiga diraih  Rani Amelia (MAN 1 Barito Kuala), juara keempat diraih  Normadani (Universitas Terbuka) dan juara favorit  diraih Fadila Azzahra (MAN 1 Barito Kuala).(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.