Lomba Masak Serba Ikan, Pemkab Batola Ajak Masak Ikan Untuk Atasi Stunting

0

TIM Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Barito Kuala (Batola) berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar kegiatan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Kabupaten Tahun 2023. Dengan tema ‘Masak Ikan untuk Mengatasi Stunting, Menyehatkan dan Mencerdaskan’, acara digelar di Aula Selidah Marabahan, Kamis (4/5/2023).

KEGIATAN sendiri diikuti oleh TP PKK di 17 kecamatan, dengan masing-masing membawa 3 menu masak olahan ikan dengan katagori menu keluarga, menu balita dan menu kudapan.

BACA: Arak Piala Adipura di Marabahan, Pj Bupati Batola Janjikan Segera Bangun Tugu Adipura

Penilaian dilakukan secara langsung oleh chef profesional yaitu Chef Agus Sasirangan, didukung juri dari DKPP dan TP PKK Batola.

Di sela kegiatan, Sekretaris Daerah Batola H Zulkipli Yadi Noor mengatakan, bahwa gerakan memasyarakatan makan ikan berimplikasi pada peningkatkan konsumsi ikan nasional serta keanekaragaman pangan untuk mensosialisasikan konsumsi ikan, makanan bergizi seimbang dan aman untuk masyarakat.

“Kegiatan ini memacu kreativitas para ibu-ibu untuk mengolah beragam masakan dan makanan berbahan pangan lokal juga mendorong kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi berimbang pada sajian makanan keluarga khususnya untuk anak-anak kita,” tambahnya.

BACA JUGA: Terdesak Ekspansi Kebun Sawit, Lahan Pertanian dan Purun di Batola Terus Menyusut

Baginya olahan ikan sangat relevan untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dalam penanganan stunting di Batola.

Ada pun pemenang dari ketiga lomba tersebut dimenangkan semua oleh Kecamatan Tabukan dengan menu yang diusung yaitu Nikubikat (Nila Kukus Bihun Paikat), Lapis Habiga (Harum Binjai Buah Naga) dan Burhalangka (Bubur Haruan Kalangkala).

Rencananya hasil lomba ini kemudian akan diseleksi kembali dan diikutkan lomba tingkat provinsi, serta tingkat nasional yang akan diselenggrakan di Provinsi Lampung.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.