Ketum Persambi Kalsel Inginkan Atlet Sambo Kalsel Terus Berprestasi di Kancah Internasional

0

KETUA Umum Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi, menggelar ramah tamah bersama Pengprov Persambi dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kotabaru serta Pemprov Kalsel, di Pelabuhan Perikanan, Kotabaru, Jumat (1/9/2023).

PERTEMUAN ini membahas tentang perkembangan olahraga khususnya Sambo di Banua. Salah satunya yakni keberhasilan atlet Sambo Kalsel yang meraih juara pertama dan kedua saat mewakili Indonesia di Rusia dan Kazhakstan.

Ketua Persambi Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi atau Paman Yani, mengaku bangga dengan perkembangan olahraga Sambo di Banua. Menurutnya, meski masih asing di telinga masyarakat, Kalsel sudah bisa mengirimkan atletnya hingga ke kancah dunia.

BACA : Diikuti Ratusan Peserta, Kejurprov Sambo Series II Kalsel Digelar

“Atlet kita bukan hanya mewakili Kalsel, tetapi mewakili Indonesia. Ini suatu kebanggaan yang harus kita pertahankan. Kalau bisa terus kita tingkatkan lagi,” ucap Paman Yani.

Dalam kesempatan itu, Paman Yani berpesan, keberhasilan Kalsel dalam cabang olahraga (cabor) Sambo harus diturunkan kepada bibit-bibit atlet lain. Agar cabor ini semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi salah satu cabor kebanggaan Banua.

“Masih banyak PR yang harus kita kerjakan. Semoga cabor Sambo semakin banyak peminatnya dan bisa terus mengirinkan atlet ke tingkat Internasional,” tutur Paman Yani yang juga Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel.

Selain Sambo, menurut Paman Yani, setiap cabang olahraga patut menjaga kekompakan. Hal itu lanjutnya, bisa dilakukan melalui kerjasama dan saling memberikan support dengan antar cabor olahraga.

BACA JUGA : Pengurus Persambi Lakukan Konsolidasi, Paman Yani : Kita Dukung Atlet dan Pelatih Banua

“Gubernur Kalsel Paman Birin sangat konsen dengan olahraga Kalsel. Beliau ingin mendongkrak peringkat Kalsel di Nasional. Jadi setiap cabor harus saling kerjasama. Jangan hanya mementingkan cabor yang dipimpin atau dikuasai,” imbuhnya.

Wakil Rakyat dari fraksi Golkar itu juga menginginkan, seluruh cabor khususnya Sambo bisa terus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah. Ia juga berharap sosialiasi tentang cabor yang masih asing, dapat dilakukan hingga ke sekolah.

“Bisa kita kolaborasikan dengan Dispora maupun Disdik melalui pelatihan atau coaching clinic guru-guru olahraga di SMA/SMK se-Kalsel,” terang Paman Yani.

Tak lupa, Paman Yani juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang telah memberikan perhatian dan dukungannya kepda olahraga di Banua ini.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.