Diikuti Ratusan Peserta, Kejurprov Sambo Series II Kalsel Digelar

0

KEJURPROV Sambo Series II Kalsel Tahun 2023 resmi dibuka oleh Ketua Umum Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi, di GOR Indoor Kotabaru, Sabtu (2/9/2023).

SEBANYAK 170 peserta dari 9 Kabupaten/Kota se-Kalsel mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan di GOR Indoor Kotabaru, mulai 1 hingga 3 September 2023 ini.

Ketua Umum Persambi Kalsel Muhammad Yani Helmi mengapresiasi Kejurprov Series II ini, menurutnya keterlibatan Pemda setempat termasuk KONI Kalsel dan Kotabaru serta pihak-pihak lainnya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kegiatan.

BACA : Pengurus Persambi Lakukan Konsolidasi, Paman Yani : Kita Dukung Atlet dan Pelatih Banua

“Semoga Kejurprov ini menghasilkan atlet yang bisa mengharumkan Kalsel dalam ajang PON ke 12 di Aceh dan Sumatera Utara nanti,” ujar Paman Yani sapaan akrabnya.

Paman Yani berharap kejuaraan sekaligus ajang seleksi atlet Cabor Sambo Kalsel untuk PON XII ini, membuat Kalsel bisa mempertahankan serta melebihi raihan medali yang didapat atlet Sambo Kalsel pada berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional sebelumnya.

“Sambo memang cabang olahraga baru, tetapi atlet banua kita sudah ada yang berhasil mewakili Indonesia ketika kejuaraan di Rusia dan Kazhakstan. Bahkan meraih medali emas dan perak pada saat itu,” ucap pria yang juga Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel itu.

BACA JUGA : Lulusannya Hampir Tak Ada yang Menganggur, Yani Helmi Apresiasi SMKN 2 Kotabaru

Demi mewujudkan Cabor Sambo sebagai salah satu cabor andalan Kalsel, Paman Yani memastikan Pengurus Daerah (Pengda) Sambo akan terbentuk di seluruh Kabupaten/Kota Kalsel pada 2024 mendatang.

“Saat ini sudah ada 9 Pengda yang kita bentuk. Kita pastikan 2024 nanti seluruh Kabupaten Kota akan ada pengurusnya,” beber Paman Yani.

Sementara itu, KONI Kotabaru Usman Pahero, mendukung penuh berbagai kegiatan pembibitan atlet Sambo di Kalsel khususnya Kotabaru. Ia mengaku juga akan terus berkolaborasi dengan pemerintah setempat, untuk menyusun berbagai program pengembangan cabor ini.

“Kita optimis atlet Sambo Kalimantan Selatan insyaallah akan berbicara di kejuaraan Nasional maupun Internasional,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.