Tunggu Hasil Pileg 2024, Sejumlah Parpol Sepakat Calonkan Kader Sendiri di Pilkada Kalsel

0

MENCALONKAN kader sendiri dalam pesta demokrasi pemilihan Gubernur Kalsel 2024 nanti bakal menjadi opsi sejumlah partai politik (Parpol) di Kalsel.

SEKRETARIS DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalsel Hormansyah menyebut, nama Zairullah Azhar yang menjabat sebagai Bupati Tanbu dan Ketua DPW PKB Kalsel masih menjadi figur kuat dalam konstelasi Pilgub Kalsel mendatang.

“Tentu kami akan mengutamakan kader sendiri untuk maju di Pilgub Kalsel,” ucap Ketua Fraksi PKB DPRD Kalsel ini, Rabu (23/8/2023).

BACA : Gerindra dan PKB Bertemu, Nama Zairullah Disebut Figur Kuat di Pilgub Kalsel

Disinggung mengenai koalisi di Pilgub Kalsel apakah akan satu paket dengan Pilpres, mantan anggota DPRD HSU ini menyebut tak akan berpengaruh. “Saya kira koalisi di Pilpres tidak sama dengan Pilgub Kalsel 2024 mendatang,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPW PPP Kalsel, Asbullah. Menurut dia, jika memang ada kader potensial dan siap maju di Pilkada Kalsel buat apa harus mencari figur lain.

Disinggung siapa figur kuat yang ada di PPP ? Ketua Fraksi Gabungan di DPRD Kalsel ini tak menampik jika Ketua DPW PPP Kalsel yang juga menjabat sebagai Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin adalah figur internal yang potensial untuk Pilgub kalsel 2024 mendatang.

BACA JUGA : Pilgub Kalsel 2024, DPP PPP Berikan Lampu Hijau untuk Aditya Mufti Ariffin

“Yang jelas kita liat dulu hasil Pileg 2024 mendatang. Apakah Aditya Mufti Ariffin akan tetap maju sebagai Walikota Banjarbaru atau mencalonkan diri di Pilgub Kalsel,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalsel, M Syaripuddin menyebut, pihaknya, saat ini masih konsen dalam menghadapi Pemilu Legislatif  2024.

“Kita lihat dulu hasil Pileg. Berapa jumlah kursi yang diperoleh. Sebab itu akan berpengaruh dalam mengusung calon. Apakah harus berkoalisi atau tidak,” jelas Bang Dhin sapaan akrabnya.

BACA JUGA : Ingin Cetak Hattrick, PDI Perjuangan Target Kemenangan Di Pemilu 2024

Wakil Ketua DPRD Kalsel ini menyebut, setelah hasil pileg sudah ada, maka pihaknya akan membuka penjaringan. Namun demikian, pihaknya pasti akan memprioritaskan kader jika ingin maju di Pilgub Kalsel.

Sedangkan Sekretaris DPW Nasdem, H Rozanie Himawan Nugraha tak menampik jika beberapa waktu lalu sudah ada pertemuan dengan anggota DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda.

“Pertemuan itu hanya silaturahmi dan membicarakan bagaimana membangun Kalsel ke depan,” ucap pria yang akrab siapa Haji Zanie usai rapat paripurna internal DPRD Kalsel, Rabu (23/8/2023).

BACA LAGI : Rifqinizamy Dan Hasnuryadi Beri Sinyal Berpasangan Di Pilkada Kalsel 2024

Pihaknya, ucap dia tentu membuka diri bagi siapapun yang ingin maju untuk dicalonkan melalui Nasdem. Namun demikian, lanjut dia, tentu ada tahapan di dalam parpol dalam menjaring bakal calon yang akan diusung Nasdem di Pilgub Kalsel 2024 mendatang.

“Kami pastinya juga harus menunggu hasil Pileg 2024 dan kami juga akan melihat hasil survei dari calon yang akan diusung sesuai dengan mekanisme yang ada di partai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.