Pawai Festival Budaya Pasar Terapung, Balangan Sabet Juara 3

0

FESTIVAL Wisata Budaya Pasar Terapung (FWBPT) ramai digelar dengan iring-iringan pawai budaya serta pementasan yang diikuti oleh 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, Minggu (13/8/2023).

PADA pawai budaya juga dimeriahkan dengan penampilan dari komunitas pegiat seni budaya yang ditampilkan di atas mobil bak terbuka mengelilingi Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, mengatakan pawai budaya yang digelar ini merupakan bentuk dari pelestarian terhadap kearifan lokal.

BACA : Festival Budaya Pasar Terapung, Balangan Perkenalkan Wisat Air Terjun Batarius

“Kita kenalkan ini kepada masyarakat karena budaya ini juga merupakan bagian dari pariwisata,” ujar Syarif.

Diketahui pada festival kali ini, Kabupaten Balangan berhasil meraih penghargan juara ketiga dalam pawai budaya di Festival Wisata Budaya Pasar Terapung.

Dengan menampilkan ciri khas daerah berupa rumah produksi olahan gula habang atau gula aren yang berasal dari Kecamatan Lampihong.

Kepala Bidang Promosi, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan, Tri Joko menyampaikan bahwa penampilan tema tersebut bertujuan untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya yang ada di Kabupaten Balangan.

“Kita tampilkan ini karena ingin melestarikan bentuk kearifan lokal dan menjaga warisan budaya di Balangan agar tetap ada,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Herry/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.