Sekda Tanbu Pimpin Apel Siaga Bencana

0

APEL Siaga Bencana digelar Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) di halaman Kantor Bupati Gunung Tinggi Jalan Dharma Praja, Selasa (8/8/2023).

PEMKAB Tanbu melalui BPPD Tanbu berkomitmen mengantisipasi dan mengatasi potensi bencana kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Tanbu,  Ambo Sakka, bertindak sebagai Pembina Apel dan memimpin Apel Siaga Bencana.

BACA JUGA: DP3AP2KB Tanbu Gelar Sosialisasi Partisipasi Perempuan

Sekda Tanbu Ambo Sakka, mengingatkan, peserta apel untuk senantiasa menjaga kewaspadaan, terutama dalam menghadapi risiko kebakaran hutan dan lahan.

Instruksi ini disuarakan Presiden Jokowi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Setiap daerah dan desa diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, dalam menghadapi serta mencegah terjadinya Karhutla,” pinta Ambo Sakka, dalam arahannya.

Ia juga menekankan pokok yang menjadi fokus dalam upaya menghadapi bencana ini.

Pertama, pentingnya sinergitas di antara berbagai unsur masyarakat. Dalam mengatasi bencana seperti Karhutla. “Bangun kerjasama dari semua pihak, termasuk TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan, dan warga masyarakat, sangatlah penting,” jelasnya.

BACA JUGA: Jatah Pemkab Tanbu 1.764 Formasi ASN Tahun 2023

Menurutnya, Karhutla merupakan bencana yang bisa dihindari, berbeda dengan bencana banjir atau bencana alam lainnya.

“Upaya untuk mengurangi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah berhasil diminimalisir. Karena itu, deteksi dini terhadap zona-zona rawan kebakaran hutan dan lahan menjadi hal yang krusial,” tandasnya.

Kemudian, sambungnya, kesiapsiagaan, dan Pemerintah Daerah bersama Forkopimda, serta berbagai komponen masyarakat seperti Pemuda Pancasila, Pramuka, dan pelajar, telah membuktikan kesiapannya dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar Rapat Pemantapan Pusdiklat Paskibraka 2023

Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Sulhadi pun meminta, semua unsur terlibat aktif dalam membangun sinergitas guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ambo Sakka sebagai Kepala BPBD Ex Efficio Tanah Bumbu, juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan bencana karhutla di Bumi Bersujud. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.