Jaga Keutuhan Bangsa, Paman Yani Syiarkan Ideologi Pancasila di Desa Tegalrejo

0

WAKIL Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, kembali menyambangi Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Senin (7/8) sore. Kali ini untuk menyebarluaskan nilai-nilai idelogi Pancasila dalam pengamalan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“INI merupakan kegiatan dalam memberikan wawasan kebangsaan yang sekaligus mempertebal ideologi Pancasila terhadap masyarakat sebagai tonggak dasar agar nilai-nilai luhur tersebut terus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya usai menggelar kegiatan Sosialisasi Revitalisasi Nilai-Nilai Ideologi Pancasila.

Ia menuturkan, dengan ditanamkannya nilai-nilai ideologi Pancasila tentu dampaknya sangat positif terhadap penguatan diri. Apalagi, menjaga keutuhan bangsa dan negara terlebih dahulu harus dilandasi cinta tanah air.

BACA : Paman Yani Serukan Kebijakan Relaksasi Melalui Sosper Pajak Daerah Di Kotabaru

“Kami berkomitmen untuk terus hidup damai, rukun dengan roda ekonomi yang terus kita geliatkan dan satukan dalam bingkai NKRI yakni berbeda-beda tapi tetap satu jua,” ungkap legislator Kalsel dari Dapil VI Kabupaten Tanbu dan Kotabaru ini.

Melalui sosmed, ia tak bosan-bosannya untuk terus mengingatkan agar masyarakat bijak dalam memberikan informasi. Bahkan, jangan sampai nantinya kabar yang diberikan adalah berita kebohongan atau hoax.

“Kita berharap generasi muda dan masyarakat pada umumnya dapat membentengi diri dan wilayahnya dari ganguan apapun termasuk penggunaan medsos,” tegasnya.

Sebagai pengingat, ia juga mengharapkan masyarakat untuk bisa menjaga cipta kondisi yang aman menjelang Pemilu 2024.

BACA JUGA : Kunker di UPPD Pelaihari, Paman Yani Terkesan Dengan Program dan Realisasinya

“Apalagi tahun politik ada yang mengambil kesempatan untuk mengubah haluan negara. Nah, ini jangan sampai terjadi,” harap Paman Yani (sapaan akrabnya).

Sementara itu, Kasubbid Fasilitasi Kelembagaan Pemerintahan Perwakilan dan Partai Politik Badan Kesbangpol Kalsel, Harry Widhiyatmoko, menyebut, ada empat pilar berbangsa dan bernegara yang harus dijalankan. Hal tersebut bertujuan supaya implementasi dalam penerapannya mampu berjalan baik sesuai kaidah dari idelogi Pancasila.

“Kita berharap kegitan ini dapat memupuk rasa cinta tanah air dan mampu mengimplementasikan nasionalisme. Jadi, perlu diantisipasi adalah tantangan kita menghadapi ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” paparnya.

BACA LAGI :  Gelar Soswasbang, Paman Yani Ingatkan Warga Agar Tak Mudah Terprovokasi

Ia menambahkan, menjaga keserasian agar terciptanya perdamaian tak hanya tugas dari pemerintah saja melainkan juga perlu dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Menghadapi tahun pemilu tentu harus ekstra kita antisipasi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar Pancasila,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, tokoh masyarakat Desa Tegalrejo,  Triwidodo, berterima kasih atas kehadiran anggota DPRD Kalsel Paman Yani dalam menyampaikan edukasi kepada masyarakat Desa Tegalrejo tentang pentingnya penanaman idelogi Pancasila.

“Melalui kegiatan revitalisasi dan penanaman nilai-nilai idelogi Pancasila ini kegotong royongan kita tumbuhkan sehingga moto dalam membangun desa termasuk di Gowa Lowo tersebut dapat berjalan baik yakni dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.