Gali Potensi Anak-anak Lewat Cabang Olahraga Catur Di Kota Banjarmasin

0

MULAI tanggal 8 hingga 11 Agustus 2023, Rumah Anno di Banjarmasin menjadi saksi penting dalam penyelenggaraan Catur Cup 2023, yang bertujuan untuk menggali potensi bibit-bibit atlet di cabang olahraga catur sejak usia dini, Selasa (8/8/2023).

WAKIL Walikota Banjarmasin H Arifin Noor yang membuka acara ini menyampaikan, kejuaraan ini tidak hanya sekadar kompetisi catur biasa, tetapi juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Banjarmasin dalam melakukan pembinaan olahraga catur pada pelajar SD se-Kota Banjarmasin.

Adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kota Banjarmasin dan partisipasi wakil walikota dalam acara pembukaan, menambah semangat peserta untuk berkompetisi dengan penuh semangat dan dedikasi.

Melalui kejuaraan tersebut anak-anak diberi kesempatan untuk belajar dan berlatih catur dengan serius, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas permainan serta menunjukkan potensi yang dimiliki.

BACA: Koleksi 3 Medali Emas, Kontingen Banjarmasin Juarai Cabor Catur Porprov Kalsel XI 2022

“Mudah mudahan atlet-atlet kita bisa menjadi yang terbaik, terutama di bidang sekolah dasar. Semoga juga mereka bukan hanya sekedar tingkat nasional,” ucapnya.

Arifin menyebut, kejuaraan tersebut juga menjadi ajang prestasi bagi para peserta untuk mengasah kemampuan berkompetisi secara sehat dan membangun mental juara.

“Kita harapkan dengan olahraga catur ini tentu ada sportivitas dan strateginya, dalam rangka kita melatih otak mereka tentunya olahraga ini akan membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin Hj Fatimah mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari. Peserta ditantang untuk bermain dengan strategi terbaik dan menunjukkan bakat mereka di atas papan catur.

Para pemain yang menonjol dan berhasil mencatat prestasi gemilang akan mendapatkan penghargaan dan kesempatan untuk melanjutkan pelatihan lebih lanjut dalam bidang olahraga catur.

BACA JUGA: Membanggakan! Pecatur Muda HSU Nishfa Wakili Indonesia di Asian Youth Chess Championships 2022

“Tempat dan waktu pelaksanaan di rumah Anno, Siring Tendean, Kota Banjarmasin selama 4 hari, dari tanggal 8 sampai dengan 11 Agustus 2023. Adapun peserta sebanyak 68 orang yang terdiri dari siswa tingkat SD atau sederajat di Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Fatimah mengungkapkan, keberhasilan kejuaraan ini tak lepas dari peran penting panitia penyelenggara yang telah bekerja keras untuk memastikan segala hal berjalan lancar dan sukses.

Ia pun berharap, melalui Kejuaraan Olahraga Catur Cup 2023 akan ditemukan bibit-bibit atlet muda berbakat yang dapat mewakili Kota Banjarmasin dalam kompetisi tingkat nasional maupun internasional di masa depan.

“Tujuan kejuaraan olahraga Catur ini untuk pembinaan olahraga catur sejak dini pada pelajar SD serta menemukan bibit atlet olahraga catur sejak dini,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.