Membanggakan! Pecatur Muda HSU Nishfa Wakili Indonesia di Asian Youth Chess Championships 2022

0

PECATUR muda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Nishfa Dayyana Rahmah (13 tahun) terpilih menjadi Duta Negara Indonesia guna mengikuti Kejuaraan Catur Internasional bertajuk Asian Youth Chess Championship 2022.

EVEN catur itu dihelat pada 13-22 Oktober 2022 di The Grand Inna Hotels, Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Saat ini, Nishfa tercatat merupakan siswi MTs Negeri 2, Hulu Sungai Utara. Ada 400 peserta dari 20 negara yang ikut dalam ajang dibuka Gubernur Bali Wayan Koster pada Jumat (14/10/2022) lalu.

Negara-negara di Asia yang mengirim dutanya adalah Indonesia, Chinese Taipe, Taiwan, Malaysia, Singapura, Sri Langka, Vietnam, Mongolia, Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Myanmar, Philipina, Australia, Bangladesh, Selandia Baru, India, Thailand dan Maladewa (Maldives).

BACA : Sabet Juara Nasional, Pecatur Junior HSU Nishfa Dayyana Rahmah Wakili Indonesia di Vietnam

Pelatih internasional (fide instructor) sekaligus orangtua Nishfa, Ahmad Raihan mengungkapkan sebelum bertolak ke Bali, putrinya telah mengikuti pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) oleh Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) secara online pada Agustus-September 2022 lalu.

Nishfa makin diuji kemahiran dalam memainkan strategi catur oleh para pelatih internasional. Di antaranya GM Ruslan Sherbakov (Rusia), GM Andrei Kovalev (Belarusia), GM Susanto Megaranto Indonesia) dan MI Tirta Chandra Purnama dari Indonesia.

BACA JUGA : Fide Master Miftah Vs Master Nasional Raihan di Final Catur Cepat ULM

“Usai pelatnas secara online, Nishfa juga mengikuti pelatnas tatap muka (offline) pada 9-12 Oktober 2022 lalu di The Grand Inna Hotels Bali. Pelatih yang terlibat adalah GM Susanto Megaranto dan MI Tirta Chandra Purnama beserta pelatih lainnya,” tutur Raihan kepada jejakrekam.com, Senin (17/10/2022).

Langkah berikutnya, Nishfa akan bertanding pada ajang  Asian Youth Chess Championships 2002 pada 13–22 Oktober 2022. Nishfa turun di tiga kelas yakni catur standar 90 menit+30 detik, catur cepat (rapid chess) 15 menit+5 detik dan catur kilat (blizt chess) 3 menit+2 detik.

BACA JUGA : Diikuti Belasan Peserta, Jejakrekam Bersama Adaro Gagas Turnamen Catur

Bak peribahasa buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Talenta Nishfa ini seperti menurunkan bakat sang ayah. Sebab, Ahmad Raihan sendiri merupakan pemegang gelar Juara I Borneo Cup Brunei Darussalam pada 2002 silam. Kemudian, juara nasional Pornas Korpri Bangka Belitung pada 2019.

Ahmad Raihan, pelatih sekaligus sang ayah pecatur muda HSU, Nishfa Dayyana Rahmah yang menjadi duta Indonesia di Asian Youth Chess Championship 2022.(Foto Istimewa)

Raihan pun mengaku bangga, anak bungsunya Nishfa menjadi satu satunya atlet catur Provinsi Kalsel yang berhasil terpilih untuk mewakili Indonesia di kancah internasional.

“Saya berharap, walaupun untuk pertama kalinya berlaga di even bergengsi tingkat Asia, Nishfa mampu mengendalikan emosi serta mental dalam bertanding. Sebab, lawan yang akan dihadapi semua merupakan perwakilan dari negara di Asia,” kata Raihan.

BACA JUGA : Hebat, Pecatur Cilik HSU Wakili Indonesia ke Mongolia

Ia mengakui saat ini atlet catur dari Vietnam dan India memiliki kemajuan luar biasa di Asia. Ini karena adanya pembinaan berkelanjutan terhadap atlet muda sehingga lebih melek terhadap perkembangan catur dunia.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah. Kepada Ketua Percasi HSU Almien Ansar Safari, Kepala Kantor Kementrian Agama HSU H Ahmad Rusyadi serta Kepala MTsN 2 HSU yang telah memberikan dukungan dan bantuan finansial untuk keberangkatan Nishfa ke Bali,” tutur Raihan.

BACA JUGA : Atlet HSU Sabet Juara Umum Catur Kalimantan Selatan

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengprov Percasi Kalsel Prof Dr Sutarto Hadi yang telah memberi bantuan finansial bagi putri dan dirinya.

“Saya juga bisa mendampingi Nishfa untuk menjalani laga catur internasional tingkat Asia di Bali,” imbuh Raihan.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.